Guru Bangsa: Tjokroaminoto Raih Nominasi Terbanyak FFI 2015

Putu Radar Bahurekso    •    Rabu, 18 Nov 2015 10:33 WIB
ffi (festival film indonesia)
Guru Bangsa: Tjokroaminoto Raih Nominasi Terbanyak FFI 2015
Jumpa pers Guru Bangsa:Tjokroaminoto. (Foto:MTVN/Putu Radar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Guru Bangsa: Tjokroaminoto mendominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2015 dengan meraih nominasi terbanyak dibanding film lainnya. Film yang menceritakan tentang seorang guru bangsa bernama Tjokroaminoto tersebut berhasil meraih delapan nominasi di ajang penghargaan film nasional bergengsi itu. 

Prestasi yang diraih sebanding dengan proses penggarapan film yang rilis 9 April 2015 lalu. Diakui produser film Guru Bangsa: Tjokroaminoto, Nayaka Untara, film ini mulai diproduksi sejak akhir 2012 lalu.

“Film ini sudah mulai produksi sejak akhir 2012. Waktu itu ketemu sama Bu Dewi terus ngobrol dan mikir kayaknya enggak ada salahnya buat bikin film ngangkat tokoh Tjokroaminoto. Kita brainstorming selama kurang lebih satu setengah tahun dan kemudian mulai syuting pada 2014 dan tayang 2015,” tutur Nayaka di Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Nayaka Untara juga mengungkapkan bahwa film ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Bahkan, cukup banyak bioskop di luar Jakarta yang menanyakan kembali film ini.

“Secara general kita dapat tanggapan yang baik, bahkan di daerah pun tanggapannya juga baik. Banyak yang menanyakan kapan film ini akan tayang ulang,” lanjut Nayaka.

Lamanya proses pembuatan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini pun tidak lepas dari banyaknya kesulitan yang dihadapi oleh tim produksi. Salah satu kesulitan tim produksi saat itu adalah tidak adanya saksi hidup yang menyaksikan atau mengalami langsung bertemu dengan Tjokroaminoto.

Selain itu, data serta catatan sejarahnya sangat sedikit lantaran zaman semasa hidup Tjokroaminoto sangat jauh dari era sekarang.

"Terus dalam lingkarnya Tjokroaminoto juga sangat banyak sekali tokoh, jadi kami kesulitan untuk menentukan tokoh mana aja yang hadir. Toh enggak mungkin menampilkan 20 tokoh sekaligus,” ujar Erik Supit, penulis naskah film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Guru Bangsa: Tjokroaminoto bercerita tentang perjalanan seorang Guru Bangsa bernama Oemar Said Tjokroaminoto. Mulai dari kecil, kemudian menikah, bertemu murid-muridnya, membentuk organisasi Sjarikat Islam, berpolitik dan memperjuangkan nasib bangsa, hingga ia dipenjara.

Film ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan tokoh Tjokroaminoto sendiri diperankan oleh Reza Rahadian.

Delapan nominasi yang berhasil diraih film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dalam FFI tahun ini yakni kategori Perancang Busana Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Artistik, Penata Efek Visual Terbaik, Sinematografi Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik,  Penata Suara, dan Film Terbaik.


(LOV)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

23 minutes Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA