Pembangunan Rumah FLPP di Kepulauan Masih Minim

   •    Rabu, 18 Nov 2015 10:49 WIB
perumahan
Pembangunan Rumah FLPP di Kepulauan Masih Minim
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Andika Betha)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Manado mencatat pembangunan rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau subsidi di Wilayah Kepulauan Provinsi Sulawesi Utara masih terbilang minim.

"Ketersediaan perumahan murah di wilayah kepulauan masih minim. Dari sekian wilayah kepulauan Sulut, pengembang baru masuk ke Kabupaten Sangihe," kata Kepala Cabang BTN Manado Syariffudin Harahap, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Rabu (18/11/2015).

Ia menyayangkan hal tersebut. Padahal potensi di tiga kabupaten kepulauan Sulut itu cukup baik, namun masih saja sedikit pengembang yang melakukan pembangunana rumah murah di daerah tersebut. Dari tiga kabupaten kepulauan yakni Siau Tagulandang Biarao (Sitarao), Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Sangihe baru satu kabupaten saja yang coba dimasuki.

"Memang diakui bahan bangunan di wilayah kepulauan cukup mahal, sehingga pengembang masih mempersiapkan hitung-hitungannya, apakah menguntungkan atau tidak," jelasnya.

Realisasi penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) FLPP atau subsidi oleh BTN Wilayah Manado hingga Oktober 2015 sudah mencapai Rp135 miliar. "Hingga Oktober 2015, penyaluran KPR FLPP oleh BTN Manado sudah mencapai Rp135 miliar yakni masih jauh dari yang ditargetkan di 2015," ungkapnya.

Ia mengatakan, BTN sebelumnya menargetkan pengucuran KPR melalui skema FLPP dapat mencapai Rp500 miliar atau setara dengan 4.800 unit rumah sepanjang tahun ini. "Sesuai instruksi pusat, kami siap menyalurkan KPR melalui skema FLPP. Tetapi, realisasi pembangunan rumah baru di Sulut cukup terbatas," pungkasnya. 


(ABD)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA