Fadli Sebut Berita Novanto Lobi Jepang Ngawur

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 18 Nov 2015 11:40 WIB
pencatut nama presiden
Fadli Sebut Berita Novanto Lobi Jepang <i>Ngawur</i>
Fadli Zon. Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pemberitaan soal Ketua DPR Setya Novanto yang melobi pihak Jepang dalam pembelian pesawat amfibi US-2, ngawur. Menurutnya, tak ada indikasi lobi yang dilakukan koleganya tersebut.

Fadli mengaku sudah membaca banyak berita yang diterbitkan media Jepang terkait Novanto. Namun, dia tak menemukan istilah lobi politik dalam pemberitaan tersebut. 

"Ngawur itu. Kita bicara normatif, semua (pengadaan) dilakukan pemerintah. Kalau ada rencana kerja sama dengan Jepang kita dukung," kata Fadli di Gedung Parlemen, Senayan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Fadli menilai Jepang memiliki teknologi mumpuni. Parlemen, kata dia, mendukung jika pemerintah membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari negeri matahari terbit itu.  

"Dia punya teknologi baik, kita dukung saja. Pemerintah punya wacana beli amfibi. Silakan pemerintah yang assessment, memang kita membutuhkan," tukas dia.

Diberitakan sebelumnya, Media Japan Times menyebutkan Ketua DPR Setya Novanto melobi Jepang untuk membeli pesawat amfibi US-2. Inisiatif dari Setnov itu disampaikan langsung Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, pada 12 November 2015.

Suga menyebutkan, Setnov melontarkan keinginan untuk membeli pesawat tersebut langsung kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Saat bertemu dengan (PM) Abe di Tokyo, Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, Indonesia tertarik dan mempertimbangkan untuk membeli pesawat Jepang, U.S-2. Pesawat ini bisa digunakan untuk operasi penyelamatan maritim," ujar Suga, kepada Japan Times, pada 12 November 2015.


(KRI)