Daya Tampung Pintu Air Manggarai Meningkat

Wanda Indana    •    Rabu, 18 Nov 2015 12:26 WIB
banjir jakarta
Daya Tampung Pintu Air Manggarai Meningkat
Pintu Air Manggarai----MTVN/Wanda

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Kapasitas daya tampung debit air di Pintu Manggarai, Jakarta Selatan. Hal ini terjadi setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambahan satu pintu di pintu air tersebut.

Petugas Pintu Air Manggarai dari Dinas Tata Air DKI Heri Pariyanto menerangkan, Pintu Air Manggarai mampu menampung debit air sebanyak 507 meter kubik per detik. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya sebanyak 330 meter kubik per detik.

"Kapasitas alirnya meningkat," kata Heri kepada Metrotvnews.com di Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

Proyek penambahan daun pintu ini, kata Heri, sudah selesai awal tahun ini. Hal itu membuat tinggi muka air di Pintu Air Manggarai mencapai 640 centimeter pada pukul 11.25 WIB dengan status siaga empat. Heri bilang, kondisi itu dalam kondisi normal.

"Kondisi air sangat dipengaruhi aliran sungai di hulu, di Bendungan Katulampa, Bogor," jelas dia.

Pantauan Metrotvnews.com, sebanyak 25 petugas dari Dinas Kebersihan Pemprov DKI tengah berupaya mengangkut sampah yang tertahan di dinding pintu air. Satu unit eskavator dikerahkan untuk mengangkat puluhan ton sampah di yang terbawa arus dari Bogor.


(TII)