Miliki Rumah, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Dapat Suku Bunga 5%

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 18 Nov 2015 14:17 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Miliki Rumah, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Dapat Suku Bunga 5%
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengungkapkan bahwa para peserta yang berpenghasilan rendah akan mendapatkan subsidi atas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga sebesar lima persen. Hal ini diberikan kepada para peserta untuk memberikan kemudahan dalam memiliki rumah.

"Besaran bunga tersebut mengacu pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah, juga dengan anuitas tahunan dari bank penyalur," ujar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya, saat ditemui di Menara Jamsostek, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

Sedangkan bagi KPR nonsubsidi atau bagi masyarakat dengan kategori nonmasyarakat berpenghasilan rendah diberikan bunga sesuai dengan tingkat suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI). Kemudian ditambah tiga persen per tahun dengan sistem anuitas tahunan sesuai dengan perhitungan dari bank penyalur.

"Kedua jenis KPR tersebut memiliki jangka waktu KPR maksimal hingga 20 tahun," ungkap Elvyn.

Sementara pinjaman uang muka untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah diberikan bunga sesuai dengan tingkat suku bunga acuan BI kemudian ditambah tiga persen per tahun dengan sistem anuitas tahunan sesuai dengan perhitungan bank penyalur.

"Untuk pinjaman nonsubsidi atau bukan masyarakat yang berpenghasilan rendah, tidak dapat diberikan sesuai dengan ketentuan dari BI. Jangka waktu bagi pinjaman uang muka maksimal hingga 15 tahunn," pungkasnya. 


(ABD)