Ini Pentingnya Air Hujan

Kesturi Haryunani    •    Rabu, 18 Nov 2015 15:00 WIB
lingkungan hidup
Ini Pentingnya Air Hujan

Metrotvnews.com, Jakarta: Najwa Shihab mewakili air dalam film Alam Berbicara produksi Conservation International (CI) Indonesia. Film ini bertujuan mengingatkan pentingnya air bagi manusia.

"Mereka pakai aku seenaknya. Padahal jumlahku terbatas dan jumlah manusia bertambah terus," ujar Najwa mewakili elemen air.

Film ini juga mengingatkan, bahwa manusia seringkali mengabaikan keberadaan air di alam ini. Dengan mudahnya manusia mendapatkan air, tapi mereka lupa bahwa dibutuhkan siklus yang cukup panjang untuk tercipta air yang layak bagi manusia.

"Aku bermula sebagai hujan di pegunungan, mengalir ke sungai, dan berakhir di samudra. Lalu siklus itu berulang lagi, dan butuhkan waktu 10 ribu tahun untuk kembali ke kondisiku sekarang," pesan air kepada manusia yang dusuarakan Najwa Shihab.

Menggunakan secara bijak, merupakan cara untuk dapat menjaga keberadaan air di muka bumi ini. Manusia juga perlu mengadopsi jalur pembangunan berkelanjutan yang inovatif, serta menghargai dan melindungi alam.

Namun, merubah perilaku manusia untuk peduli terhadap alam bukanlah sesuatu yang mudah. Butuh waktu yang panjang dan sosialisasi seperti yang dilakukan CI Indonesia melalui film pendek Alam Berbicara.




(LHE)