Menkominfo: Presiden Resah Peran Humas tak Maksimal

Damar Iradat    •    Rabu, 18 Nov 2015 15:29 WIB
pemerintah
Menkominfo: Presiden Resah Peran Humas tak Maksimal
Rudiantara di Konvensi Humas. Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyoroti kemampuan komunikasi divisi hubungan masyarakat di lembaga pemerintah. Ia menegaskan, peran divisi humas di lembaga pemerintah tidak maksimal.

Peran humas yang lemah membuat banyak informasi kebijakan pemerintah tak utuh sampai ke masyarakat. "Persepsi apa yang diharapkan pemerintah tidak pernah sampai," kata Rudi di Konvensi Nasional Humas di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Rudi mengatakan, Presiden Joko Widodo resah soal itu, sampai-sampai harus mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) kepada dirinya agar menyelesaikan masalah komunikasi dan kehumasan. Setelah Inpres keluar, Rudi inspeksi fungsi humas pemerintahan.

Dia mengetahui penyebab tidak maksimalnya peran kehumasan ada pada sumber daya manusia. "Sehebat apa pun perusahaan kalau sumber daya manusia di kehumasan tidak mumpuni, tetap tidak bisa," ujar dia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi meluncurkan program Tenaga Humas Pemerintah. Program tersebut merekrut 100 sosok handal di bidang komunikasi yang disebar di kementerian.


(TRK)