Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Makanan Ini

   •    Rabu, 18 Nov 2015 16:07 WIB
kesehatan
Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Makanan Ini
Sup ayam untuk sembuhkan sakit tenggorokan. (Foto:raindropswellness.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyembuhkan sakit tenggorokan bukanlah perkara mudah. Penyakit tenggorokan dipicu oleh infeksi bakteri yang berasal dari gejala seperti flu. 

Saat menderita ini, pasti Anda tidak tertarik mengonsumsi makanan apa pun karena menurunnya nafsu makan. Padahal, ada makanan tertentu yang bisa memulihkan penyakit Anda dengan cepat. Apa sajakah itu?

1. Pisang
Pisang merupakan buah yang lembut di tenggorokan. Anda akan sangat mudah menelan. Seiring dengan ini, indeks glikemik buah ini sangat rendah. Pisang juga kaya akan vitamin B6 dan C serta kalium. 

2. Sup ayam
Semangkuk sup ayam panas mengalahkan antibiotik dalam memerangi sakit tenggorokan. Sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi lendir yang ada di tenggorokan. Buat sup ayam penuh dengan campuran wortel, bawang, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih. Sebab, itu punya kekuatan penyembuhan yang luar biasa. 

3. Jus lemon yang dicampur madu
Radang tenggorokan akan cepat sembuh bila Anda meminum segelas jus lemon yang dicampur madu. Minuman ini juga akan mendinginkan tenggorokan Anda.

4. Jahe atau teh madu
Tenggorokan teritasi dan gatal dapat diatasi dengan secangkir panas jahe atau teh madu. Minum teh sama saja Anda menghirup uap dari cangkir yang akan membantu melonggarkan tenggorokan. Madu akan melapisi tenggorokan dan mencegah iritasi yang berefek Anda mengalami batuk-batuk. 

5. Wortel rebus
Wortel adalah makanan obat yang ampuh redakan sakit tenggorokan. Namun, Anda harus merebus atau mengukusnya sebelum dimakan. Sebab, makan wortel mentah berisiko memperburuk kondisi Anda. Wortel juga penuh dengan vitamin A, C, K, serta serat dan potasium. (Sumarni/Times of India)


(LOV)