PHRI Siap Tangkap Peluang Airport City Kulon Progo

Patricia Vicka    •    Rabu, 18 Nov 2015 18:01 WIB
bandara
PHRI Siap Tangkap Peluang <i>Airport City</i> Kulon Progo
Rancangan desain Bandara Kulon Progo, DIY. (ist/bpmpt.kulonprogokab.go.id)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sektor pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta diperkirakan akan melonjak tajam dengan kehadiran bandara di Kulon Progo. Terlebih akan ada kota bandara (airport city) di kawasan tersebut.

Ketua Perkumpulan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) DIY Istijab Danu mengatakan siap mengisi slot di airport city. Pihaknya akan berfokus membangun hotel dan restauran di sekitar kawasan tersebut.

"Seperti rencana di dalam airport city akan ada hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan. Kami akan coba menangkap peluang itu," kata Istijab melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Rabu (18/11/2015).

Kehadiran bandara baru diprediksi mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawa dua kali lipat dibandingkan sebelum ada bandara. Dia yakin kalau bandara ini jadi, target 300 ribu kunjungan wisatawan mancanegara bisa tercapai. Sementara untuk wisatawan domestik ditargetkan meningkat menjadi 3 juta orang

Tempat-tempat wisata yang diprediksi akan menjadi primadona adalah tempat wisata alam agro tourism. Antara lain Waduk Sermo, Kali Biru dan air terjun yang tersebar di seluruh Kulon Progo.

"Maka kita sekarang sedang mencari investor untuk membangun agro tourism buatan seperti Jatim Park," katanya.

Namun, menurutnya, infrastruktur yang baik saja tidak cukup untuk menggaet wisatawan. Harus ditunjang dengan promosi wisata yang agresif dan tepat sasaran. Ia meminta Pemerintah Provinsi DIY untuk membentuk badan promosi pariwisata DIY.

"Selama ini kami merasa pemerintah belum efektif melakukan promosi. Kami berharap ada Badan Promosi Pariwisata sehingga perwakilan PHRI bisa ikut Kementerian Pariwisata mempromosikan Indonesia ke luar negeri dan provinsi lain," pungkasnya.


(SAN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA