Ahok Dituding tak Transparan Bayar TKD PNS

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 18 Nov 2015 19:07 WIB
ahok-dprd
Ahok Dituding tak Transparan Bayar TKD PNS
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. (Foto: Antara/Widodo Yusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama dituding tidak transparan dalam penggunaan anggaran Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) PNS DKI. Ahok tidak pernah memberikan penjelasan teknis penentuan jumlah anggaran yang diberikan kepada tiap PNS.
 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, TKD yang diberikan pemerintah kepada tiap PNS berbeda. Besaran TKD diberikan berdasarkan kinerja.
 
“Aturan mainnya seperti apa? PNS yang ini dapat Rp2 ribu, yang itu Rp3 ribu. Itu acuannya apa? Apa sebatas absen kehadiran? Berdasarkan isian formulir kinerja? Kinerja yang seperti apa? Semua harus jelas,” kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2015).
 
Taufik mengaku, sudah meminta penjelasan kepada Ahok. Tapi, mantan Bupati Belitung Timur itu belum mampu menjelaskan secara detail.
 
"Kami minta (ke Ahok) bagaimana cara dia memberikan uang TKD. Tapi, sampai sekarang tidak (dijelaskan)," kata Taufik.
 
Politikus Gerindra itu menuding Ahok mengulur waktu dan jawaban saat DPRD menagih penjelasan dari eksekutif. Padahal, anggaran yang dimasukkan ke APBD DKI 2016 untuk TKD sangat besar.
 
"Rp12 triliun lebih TKD sampai sekarang belum dikasih penjelasan. Teknisnya seperti apa harus didiskusikan. Jangan-jangan Ahok tidak tahu," ujar Taufik.
 
Anggaran TKD PNS DKI mencapai Rp12 triliun pada RAPBD DKI 2016. Angka ini dua kali lipat lebih besar dari gaji pegawai sebesar Rp5 triliun.


(FZN)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

17 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA