Kementerian ESDM Verifikasi Isi Rekaman Sebelum Diserahkan ke MKD

Githa Farahdina    •    Rabu, 18 Nov 2015 19:08 WIB
pencatut nama presiden
Kementerian ESDM Verifikasi Isi Rekaman Sebelum Diserahkan ke MKD
Wakil Ketua MKD Junimart Girsang menerima bukti rekaman dari Said Didu, Rabu 18 November 2015. Foto: MTVN/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebenaran isi rekaman diduga pembicaraan Setya Novanto, Reza Chalid, dan Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin sudah diverifikasi. Lalu, Kementerian ESDM menyerahkan rekaman itu ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

Staf Khusus Kementerian ESDM Muhammad Said Didu dan  Kepala Pusat Informasi Publik Kementerian ESDM Hufron Asrofi menyerahkan bukti rekaman itu ke MKD sore tadi.

Said menegaskan pihaknya sudah benar-benar memeriksa isi rekaman tersebut. Menurut Said, pihaknya yakin dengan isi rekaman itu. Karena itu, isi rekaman diserahkan hari ini.

"Kami meyakinkan juga siapa tahu rekamannya beda, siapa tahu isinya beda," kata Said di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Rekaman disimpan dalam flashdisk warna putih. Saat diserahkan, dibungkus tiga lapis amplop. Said tidak menjelaskan rinci soal isi percakapan. Dia mengatakan, isi rekaman hanya suara.

Kementerian ESDM sudah menyimpan salinan rekaman tersebut. Yang diserahkan merupakan isi rekaman asli. Menurut Said, identitas perekam dirahasiakan karena menyangkut keamanan yang bersangkutan.

Said mengatakan, pihaknya menerima isi rekaman itu langsung dari perekam. Pemberian rekaman ini melengkapi laporan yang diserahkan Menteri ESDM Sudirman Said, Senin 16 November 2015.

Sudirman melaporkan anggota DPR yang meminta saham PT Freeport Indonesia (PTFI) ke MKD. Sudirman sudah menjelaskan ke MKD nama, waktu, dan tempat kejadian, serta pokok pembicaraan antara anggota Dewan tersebut dengan pimpinan Freeport.

Namun, MKD kesulitan menindaklanjuti laporan itu jika tanpa bukti rekaman. Laporan Sudirman hanya menyertakan transkrip pembicaraan.


(TRK)