Perkuat Hubungan Ekonomi, JK Sambut Pelaksanaan APEC di Papua Nugini

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 18 Nov 2015 20:00 WIB
indonesia-papua new guinea
Perkuat Hubungan Ekonomi, JK Sambut Pelaksanaan APEC di Papua Nugini
JK. MI/RAMDANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Di sela-sela KTT APEC 2015 di Manila, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan PM Papua Nugini, Peter O’Neill 18 November.

Wapres juga menyampaikan dukungan Indonesia kepada Papua Nugini yang akan menjadi Ketua dan Tuan Rumah pertemuan APEC pada 2018. 

Wapres RI menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan pengembangan kapasitas terkait dengan pelaksanaan pertemuan APEC di 2018. 

"Saya merekomendasikan kedua belah pihak untuk melaksanakan konsultasi rutin terkait inisiatif kebijakan dan isu-isu lainnya yang terkait dengan  keketuaan PNG dalam APEC 2018," ucap Wapres RI.

Dalam pertemuan, kedua pemimpin juga sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi. Sebagai negara tetangga terdekat yang berbatasan langsung, kedua pemimpin sepakat memperkuat kerja sama perdagangan perbatasan. 

Langkah ini menurut dia akan meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan Indonesia. 

Wapres pun mendorong kelanjutan partisipasi delegasi bisnis PNG dalam Trade Expo Indonesia dan pameran perdagangan lainnya di Indonesia.

Sekadar informasi, nilai perdagangan RI dan Papua Nugini pada 2014 sebesar USD206,68 juta dengan surplus bagi Indonesia sebesar USD111,55 juta.

(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA