Bawa Senjata Api, PHL Dishub Kota Bekasi Dipecat

Gana Buana    •    Rabu, 18 Nov 2015 20:13 WIB
senpi
Bawa Senjata Api, PHL Dishub Kota Bekasi Dipecat
Ilustrasi senjata api jenis FN. (Foto:Antara/Syaiful Arif)

Metrotvnews.com, Bekasi: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi memecat Petugas Harian Lepas (PHL) berinisial P, 36. Petugas lapangan itu tertangkap tangan membawa senjata api jenis FN oleh polisi di Pekayon, Bekasi Selatan, Sabtu 14 November lalu.
 
"Sanksi tegas telah diberikan berupa pemecatan," kata Kepala Dishub Kota Bekasi Yayan Yuliana usai berdialog dengan warga di Kantor Kecamatan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/11/2015).
 
Dia menjelaskan, P adalah pegawai yang sudah lama bekerja magang di Dishub Kota Bekasi. Tiga bulan belakangan, P baru saja diangkat menjadi Pekerja Harian Lepas (PHL).
 
Menurut Yayan, P melakukan pelanggaran etik dengan membawa senpi. Padahal petugas Dishub tidak dilengkapi senjata. "Sesuai aturan, petugas Dishub tidak dilengkapi senjata. P itu di luar tugasnya sebagai pegawai institusi Dishub," jelasnya.
 
Yayan mengatakan, perbuatan P menjadi pelajaran untuk petugas lain agar tidak melakukan hal yang sama. Dirinya telah mengimbau seluruh petugas Dishub Kota Bekasi untuk mematuhi kode etik dan aturan yang berlaku.
 
"Jangan melakukan tindakan di luar kode etik institusi dan hukum. Kami tidak akan segan menindak dan memberi sanksi tegas," ujarnya.
 
P ditangkap saat melintas di pertigaan Pekayon menggunakan sepeda motor Kawasaki Ninja 250 cc bernopol B 6929 KRL. Ia dihentikan polisi  karena tidak menyalakan lampu. Setelah berhenti dua petugas Satwil Lantas Bekasi Kota, Brigadir Edy Prestyo dan Bripka Teguh Rianto meminta P menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).
 
Kedua petugas terkejut saat P mengambil dompetnya di saku celana, petugas melihat gagang pistol dibalik jaketnya. Dengan sigap, petugas mengambil pistol tersebut.


(FZN)