Motor Baru

New Ninja ZX-10R 2016, Komitmen Kawasaki di Balap Superbike

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 20 Nov 2015 10:27 WIB
kawasaki
New Ninja ZX-10R 2016, Komitmen Kawasaki di Balap Superbike
Kawasaki Ninja ZX-10R siap pertahankan gelar juara WSBK. Autoevolution

Metrotvnews.com: Sebagai juara bertahan ajang balap World Superbike (WSBK), nampaknya tahun depan Kawasaki akan mendapatkan perlawanan lebih berat. Pasalnya sejumlah pesaing telah melakukan upgrade jagoannya, seperti BMW S1000R dan kembalinya Yamaha dengan YZF-R1M.

Menghadapi tantangan tersebut, geng hijau menghadirkan jagoan baru di Milan Motor Show (EICMA) 2015. Dirilis Autoevolution, motor itu adalah ZX-10R 2016, yang mendapatkan sejumlah upgrade fitur-fitur yang menunjang balap.

Bermodalkan mesin berdaya 197 daya kuda, dan bisa bertambah menjadi 207 daya kuda dengan ram air, serta torsi puncak mencapai 113,5 daya kuda. Motor ini punya kekuatan yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Tidak hanya itu, spesifikasinya pun mendekati tunggangan untuk WSBK. Sepasang rem Brembo M50 monobloc mengawal cakram ukuran 330 mm. Suspensi depan Showa 43 mm, dengan pengaturan kompresi, rebound eksternal.

Mengenai jantng pacunya, kepala silinder desain baru dan jeroan mesin terbuat dari bahan lebih ringan, dan knalpot bahan titanium sebagai bawaannya. Sistem elektroniknya sudah menggunakan 6-axis inertial measurement unit (IMU) dari Bosch, ECU balap, launch control dan elektrik steering damper dari Ohlins.

Kita tunggu saja aksinya dimusim balap WSBK tahun depan.


(UDA)