Delapan Penghuni Lapas Kendal Positif Konsumsi Sabu

Iswahyudi    •    Kamis, 19 Nov 2015 10:34 WIB
sabu
Delapan Penghuni Lapas Kendal Positif Konsumsi Sabu
Penggeledahan Lapas Klas II A Kendal, Jawa Tengah. (Metrortvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan kembali menyeruak. Kali ini terjadi di Lapas Klas II A Kendal, Jawa Tengah. Polisi menemukan delapan warga binaan kasus narkoba positif mengkonsumsi sabu-sabu. Namun, tak ditemukan barang bukti kristal haram itu.

Temuan itu terungkap ketika tim Satuan Narkoba dan Satuan Reskrim Polres Kendal menggeledah lapas pada Rabu 18 November malam. Dalam penggeledahan, tim menyisir setiap jengkal semua ruang tahanan. Penggeledahan dibarengi dengan tes urine warga binaan.

“Hasil tes urin yang dilakukan petugas ada delapan narapidana yang positif mengkonsumsi sabu-sabu,” kata Wakapolres Kendal Kompol Guki Ginting.

Polisi akan mendalami pemeriksaan pada ke delapan narapidana itu. Tujuannya, untuk memutus mata rantai peredaran dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas.

Namun demikian, dari penggeledahan di dalam sel tahanan, polisi belum menemukan barang bukti narkoba tersebut. 

Menanggapi temuan itu, Kalapas Klas II A Kendal, Dwi Agus Setyabudi mengakui kurang maksimalnya pengawasan. Dia berdalih kekurangan personel. "Setiap piket jaga hanya ada empat personel saja, sehingga pengawasannya kurang maksimal,” katanya.

Jumlah tahanan kasus narkoba di Lapas Kendal ada 42 orang, sedangkan yang menjalani tes urin hanya 23 tahanan. Tiga di antaranya tahanan perempuan.


(SAN)