Jayapura Jadi Saksi Kegiatan Internasional Peringatan 60 tahun KAA

Fajar Nugraha    •    Kamis, 19 Nov 2015 10:55 WIB
konferensi asia afrika
Jayapura Jadi Saksi Kegiatan Internasional Peringatan 60 tahun KAA
Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ke-60 April lalu (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jayapura: Dua kegiatan internasional dalam rangka peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) dan ke-10 New Asian-African Strategic Partnership (NAASP) ditutup di Papua.

Acara penutupan ini berlangsung di SMKN 1 Jayapura, Papua, Kamis (18/11/2015). Kedua kegiatan tersebut antara lain, International Workshop on Tourism for Border Community (TBC) dan Journalist Visit Program (JVP).

Duta Besar Adreas Sitepu menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk berkontribusi melalui kegiatan yang dapat bermanfaat bagi negara-negara peserta.

"Saya sangat mengharapkan melalui berbagai kegiatan ini, kita dapat meneruskan semangat untuk berupaya meningkatkan kerja sama antara negara-negara Asia, Pasifik dan Afrika, di antaranya, melalui berbagi pengalaman dan keahlian,” tutur Duta Besar Andreas Sitepu, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (19/11/2015).

Pelatihan pariwisata untuk warga perbatasan diikuti oleh 12 peserta dari Indonesia serta delapan peserta dari Papua Nugini dan diselenggarakan di SMKN 1 Jayapura pada 12-18 November 2015. Pelatihan difokuskan pada bidang perhotelan sebagai bagian dari upaya untuk menjawab semakin meningkatnya kebutuhan tenaga ahli perhotelan di kawasan perbatasan.

"Kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Indonesia untuk mendorong pembangunan ekonomi melalui pemberdayaan komunitas warga perbatasan dengan membuka peluang dan kesempatan kerja," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Sudirman Haseng.

Sementara itu, kegiatan JVP diikuti oleh delapan wartawan dari Ethiopia, Fiji, Kenya, Madagaskar, Kepulauan Solomon yang berjumlah dua oran, Tanzania dan Vanuatu. JVP diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Sukabumi dan Jayapura, 8-18 November 2015.

Di berbagai kota tersebut, para wartawan meliput sejumlah kegiatan peringatan ke-60 KAA seperti pelatihan otomotif di Jakarta, pelatihan budidaya ikan air tawar di Sukabumi dan pelatihan pariwisata di Jayapura. Para wartawan juga berkesempatan pertunjukan angklung di Saung Angklung Mang Ujo, Bandung.

"Khusus di Jayapura, para wartawan berkesempatan melihat langsung aktivitas perekonomian dan pembangunan di Papua. Para wartawan bertemu dengan penggiat usaha kecil di Pasar Hamadi Jayapura yang merupakan para penerima kredit mikro," lanjut pernyataan Kemenlu.

Selain itu, mereka juga bertemu komunitas wartawan Papua yang tergabung dalam Indonesian Journalist Network (IJN). Pada kesempatan tersebut para wartawan mendiskusikan kesulitan dan dinamika peliputan di Papua. Para wartawan juga berkunjung ke SDN 3 Abepura Jayapura dan melihat langsung aktifitas belajar mengajar di sekolah dasar negeri unggulan tersebut.

Acara penutupan dimeriahkan dengan pementasan tarian tradisional Papua dan peragaan busana modern dan tradisional oleh para pelajar SMKN 1 Jayapura. Selain itu, salah seorang peserta JVP dari Kenya mempersembahkan pembacaan puisi yang terinspirasi dari pengalaman selama berada di Indonesia.

Rangkaian kegiatan peringatan 60 tahun KAA mendapat respons yang sangat baik dari para peserta. "Melalui kunjungan ke Jakarta, Sukabumi, Bandung dan Jayapura, kami menjadi lebih mengenal seperti apa orang Indonesia itu, kami sangat terkesan dengan sambutan dan keramahan yang luar biasa selama berada di Indonesia," kesan Mashaka, peserta JVP dari Tanzania.

"Kegiatan ini disusun dengan sangat baik, mulai dari kota-kota yang kami kunjungi dan relevansi kegiatan dengan kebutuhan di negara kami. Melalui kegiatan ini saya juga dapat melihat langsung infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi di sini yang sangat baik," papar Timocy, peserta JVP dari Fiji.

Sepanjang Oktober dan November 2015, Indonesia menyelenggarakan sembilan kegiatan dalam rangka peringatan ke-60 KAA dan ke-10 NAASP dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan/KSS (South-South Cooperation/SSC). Kesembilan kegiatan tersebut diselenggarakan di Jakarta, Semarang, Bandung, Sukabumi, Jayapura dan Tunisia.

Sembilan kegiatan tersebut terdiri dari pelatihan otomotif, budidaya ikan air tawar, pariwisata, pemberantasan korupsi, kewirausahaan, forum akademisi, kepemudaan, manajemen kearsipan dan kunjungan jurnalistik. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Ketenagakerjaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Arsip Nasional, Pemprov Papua, Ciputra Entrepreneurship Centre dan PT VIAR.


(FJR)