Angka Kematian Ibu di Brebes Tertinggi di Jawa Tengah

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 19 Nov 2015 11:20 WIB
kematian
Angka Kematian Ibu di Brebes Tertinggi di Jawa Tengah
Sosialisasi ibu hamil di Kabupaten Brebes. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Meski secara persentase turun 45 persen dibanding tahun 2014, namun Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Brebes tahun 2015 masih menempati urutan pertama di Provinsi Jawa Tengah. Ironisnya, 60 persen kasus kematian ibu saat melahirkan terjadi di rumah sakit.

Menurut data Dinas Kesehatan setempat, hingga Kamis 19 November, jumlah AKI di Brebes mencapai 47 orang. Angka itu lebih tinggi dibanding kasus AKI di Kabupaten Semarang sebanyak 33 orang. Namun kasus AKI di Brebes turun dari 73 kasus pada tahun 2014.
 
“Tetapi, seperti tahun 2014, AKI di Brebes masih nomor satu di Jawa Tengah. Penyebab yang pertama akibat eklampsia (kejang pada masa kehamilan akhir), kedua jantung dan ketiga pendarahan,” ungkap Kasi Kesehatan Keluarga Dikes Brebes Rudi Pangarsami Utami kepada Metrotvnews.com.

Menurutnya, masalah yang terjadi pada kasus AKI ini tidak bisa diselesaikan hanya oleh Dinkes. Tapi harus ada peran masyarakat. Bersama tenaga kesehatan masyarakat harus ikut memantau ibu hamil, menganjurkan suami untuk mendampingi pada saat pemeriksaan kehamilan, persalinan dan sesudah melahirkan.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah lokasi meninggalnya ibu melahirkan. Bahrul Ulum selaku Pegiat Sosial yang fokus pada kampanye kesehatan, menyebut hampir 60 persen kasus kematian ibu di Brebes berada di rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta.

“Mestinya Pemkab Brebes mengkaji ulang, bila perlu mendatangkan audit maternal independen dari Provinsi Jawa Tengah, kenapa kok yang meninggal banyak di tempat pelayanan kesehatan dibandingkan di rumah atau di perjalanan,” kata Ulum.


(SAN)