19 November, Hari Toilet Sedunia

Torie Natalova    •    Kamis, 19 Nov 2015 11:51 WIB
kesehatan
19 November, Hari Toilet Sedunia
Hari Toilet Sedunia. (Foto: Twitter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 2,4 miliar orang tidak memiliki sanitasi yang memadai. Setidaknya, itulah yang didapatkan dari data PBB tahun ini. Sekitar satu miliar orang masih buang air besar di tempat terbuka.

Sanitasi yang buruk meningkatkan risiko penyakit dan kekurangan gizi terutama bagi perempuan dan anak. Dikutip dari situs un.org, perempuan dan anak berisiko mengalami perkosaan dan kekerasan karena tidak memiliki privasi saat berada di toilet.

Tepat di hari ini, (19/11/2015) diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia yang digagas oleh PBB sejak 2013 lalu. Tujuan PBB meresmikan Hari Toilet Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran orang-orang di dunia yang tidak memiliki akses ke toilet, dimana salah satu hak manusia di dunia ini adalah memiliki air bersih dan sanitasi.

Dan pada tahun ini, Hari Toilet Sedunia berfokus pada hubungan antara sanitasi dan gizi. Ini menggambarkan perhatian dunia akan pentingnya toilet dalam upaya mendukung gizi yang baik dan meningkatkan kesehatan.

Kurangnya akses terhadap air minum yang bersih dan sanitasi, otomatis memperburuk tingkat kebersihan yang bisa menyebabkan gizi buruk.


(LOV)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA