Pencatutan Nama Presiden

MKD Pertimbangkan Panggil Luhut Binsar Pandjaitan

Dheri Agriesta    •    Kamis, 19 Nov 2015 12:28 WIB
pencatut nama presiden
MKD Pertimbangkan Panggil Luhut Binsar Pandjaitan
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Junimart Girsang,--Foto: Antara/Audy Alwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Nama Mekopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan berkali-kali disebut dalam rekaman terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Rekaman pembicaraan itu diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto dengan petinggi PT Freeport Indonesia (PT FI) yang juga diikuti pengusaha Reza Chalid.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Junimart Girsang mengatakan, pihaknya akan mendalami rekaman percakapan yang diserahkan Menteri ESDM Sudirman Said. Dia juga mempertimbangkan untuk memanggil pihak-pihak dalam percakapan itu. Termasuk pihak yang sering disebut dalam rekaman itu, seperti Menkopolhukam Luhut Pandjaitan.

Junimart mengatakan, MKD telah mendengarkan isi rekaman tersebut. Rekaman itu kurang lebih sama dengan transkrip yang diserahkan Sudirman Said.

"Ya beliau kita akan pertimbangkan untuk dipanggil, diperiksa minta keterangan juga," kata Junimart di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Dia menjelaskan, MKD masih terus mendalami rekaman yang diterima dari Kementerian ESDM. Pihaknya akan melibatkan Bareskrim Polri melihat lebih jelas keaslian rekaman yang diterima.

MKD, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan Bareskrim untuk dapat menyerahkan rekaman sore nanti.

"Supaya mereka bisa bantu MKD lakukan penjernihan suara itu, apakah suara itu suara Z atau Z. Ini akan kami serahkan nanti sore dan kita harap hasilnya cepat diterima," kata dia.

Terkait dengan sikap MKD untuk memanggil Ketua DPR Setyo Novanto, Junimart tak ingin buru-buru. "Nantilah, kita kan masih dalam proses verifikasi, hari ini kan kita akan koordinasi ke Mabes Polri," kata dia.

Dalam rekaman pembicaraan antara Ketua DPR Setya Novanto dengan petinggi PT Freeport Indonesia dan seorang pengusaha bernama R beberapa nama lain ikut disebut. Di antaranya, Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan.


(MBM)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA