Ribuan Angkot Demo, Lalu Lintas Surabaya Lumpuh

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Kamis, 19 Nov 2015 12:33 WIB
unjuk rasa
Ribuan Angkot Demo, Lalu Lintas Surabaya Lumpuh
Ribuan angkot parkir di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, Kamis (19/11/2015). (Metrotvnews.com/MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Surabaya: Lalu lintas Kota Surabaya, Jawa Timur, seolah lumpuh ketika ribuan sopir angkutan kota (angkot) menggelar aksi di depan Gedung DPRD Surabaya, Kamis 19 November.

Para sopir itu mendesak pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2011 dan surat edaran Pemerintah Provinsi Jatim yang mewajibkan angkot harus berbadan hukum. Ribuan angkot diparkir bebas di Jalan Yos Sudarso, Surabaya, sebagai tanda mogok para sopir angkot.

Koordinator aksi, Juari mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah sama saja dengan memaksa para sopir angkot bunuh diri. Sebab, sopir tidak mungkin melakukan yang diamanatkan dua aturan tersebut.

“Kalau aturan itu tidak dicabut, kami para sopir angkot tidak dapat melakukan perpanjangan uji kendaraan. Sebab, banyak dari sopir angkot hanya memiliki satu angkot. Jadi tidak mungkin bisa kami mendirikan PT (perseroan terbatas),” katanya, di Surabaya, Kamis (19/11/2015).

Ribuan sopir angkot hingga saat ini masih terus berorasi di depan kantor DPRD Jatim. Hingga berita ini disusun, belum ada satu pun wakil rakyat yang menemui massa. Para sopir akan terus berunjuk rasa jika aspirasinya tak ditanggapi pemerintah.

Sebelumnya, para sopir angkot pernah melakukan aksi yang sama pada awal 2015 yang lalu. Demo juga dilakukan dengan cara memarkir ribuan angkot hingga membuat lalu lintas di Surabaya lumpuh total.


(SAN)