KPK Sita Rp109 Miliar dari Akil Mochtar

   •    Selasa, 05 Nov 2013 14:16 WIB
KPK Sita Rp109 Miliar dari Akil Mochtar
Akil Mochtar--ANTARA/Reno Esnir/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang milik keluarga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar sebesar Rp109 milar terkait penerapan pasal 12 B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang.

"Benar, tadi penyidik sampaikan ada penyitaan uang Rp109 miliar dari rekening Akil. Ini terkait kasus gratifikasi pasal 12 B. Kemungkinan juga terkait tindak pidana pencucian uang," kata juru bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Selasa (5/11).

Akil ditetapkan sebagai tersangka karena tertangkap menerima suap terkait sengketa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Kabupaten Lebak dan Kabupten Gunung Mas di MK. Dalam pengembanganya, KPK menjerat Akil dengan pasal 12 B dan pencucian uang.

Kuasa hukum Akil Moctar, Tamsil Sjokoer, menduga penyitaan itu kemungkinan merupakan gabungan antara rekening pribadi dan CV Ratu Samagat, perusahaan milik istri Akil, Ratu Rita Akil.

"Mungkin, Rp100 miliar yang CV, yang Rp9 miliar rekening Pak Akil. Tapi saya bingung, yang perusahaan itu kan usaha pribadi, tidak salah ya kan," ungkapnya.

KPK sudah memblokir 6 rekening pribadi milik Akil, dua rekening milik Ratu Rita, dua rekening CV, dan satu rekening milik anaknya. Bahkan, rekening ibu mertua Akil pun ikut diblokir.

"Rekening penampungan uang pensiun milik ibu mertua pun diblokir. Ada Rp5 juta Ibu Rita kirim uang ke mamanya, salahkah?" ujarnya. (Raja Eben L)


ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

2 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA