OJK Siap Luncurkan Master Plan Industri Keuangan di Akhir 2015

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 19 Nov 2015 14:53 WIB
ojk
OJK Siap Luncurkan Master Plan Industri Keuangan di Akhir 2015
OJK. MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap meluncurkan Master Plan bagi industri jasa keuangan di akhir tahun ini. Dia mengatakan master plan ini diharapkan mampu memberikan kejelasan tentang arah yang seharusnya dicapai pada masa mendatang.

"Akhir tahun ini OJK berencana meluncurkan Master Plan jasa keuangan nasional. OJK akan memperkenalkan serangkaian kebijakan dan inisiatif untuk tiga pilar sektor keuangan nasional," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2015).

Dirinya menyebutkan, pertama industri keuangan harus mempunyai daya tahan yang baik terhadap krisis, karena krisis sekarang datang lebih cepat. Oleh karena itu industri keuangan harus kuat dan didukung good governance yang kuat. Serta industri keuangan harus membuka akses agar menjadi lebih inklusif.

"Industri keuangan juga harus lebih kontributif dengan perkembangan nasional, sehingga perlu didesain bisnis model untuk beri sumbangan nyata pendanaan jangka panjang khususnya untuk pembangunan infrastruktur," terang dia.

Namun demikian, ketiga hal tersebut perlu didukung melalui edukasi dan sosialisasi karena selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal layanan keuangan. Sehingga layanan keuangan akan semaki kuat dan mudah diakses oleh siapa saja.

"Di tengah kondisi ekonomi global saat ini, semoga optimisme bisa membantu kita mengantisipasi dan hadapi tantangan kedepan. Semua stakeholder dapat berkontribusi, master plan bisa beri sign direction mau dibawa ke mana industri keuangan ke depan," pungkas dia.


(SAW)