Lukman Sardi: Tanpa Alam, Manusia Tak Mampu Bertahan

Kesturi Haryunani    •    Kamis, 19 Nov 2015 15:08 WIB
Lukman Sardi: Tanpa Alam, Manusia Tak Mampu Bertahan

Metrotvnews.com, Jakarta: Lukman Sardi menjadi pengisi suara Samudra dalam film singkat Alam Berbicara. Film ini menyampaikan pesan, bahwa samudra merupakan elemen yang mendominasi alam.

"Aku samudra, aku air, aku bagian terbesar planet ini," suara Lukman Sardi membuka film.

Langsung atau tidak langsung, seluruh elemen di alam ini membutuhkan keberadaan Samudera. Sebab, samudra telah memenuhi seluruh kebutuhan manusia demi keberlangsungan hidupnya.

"Tetapi, manusia mengambil lebih dari semestinya. Mereka meracuniku dan berharap aku memberinya makan. Tetapi bukan begitu caranya," ujar Lukman mewakili samudra.

Seringkali manusia beranggapan bahwa mereka adalah satu-satunya mahkluk hidup di muka ini. Sehingga berhak melakukan apapun terhadap alam, termasuk memanfaatkan samudra beserta isinya tanpa memikirkan bagaimana merawatnya.

"Jika manusia mau tetap hidup bersamaku dan hidup dariku, saatnya mereka mendengar. Aku hanya mengatakan ini sekali saja. Jika alam tidak dijaga, manusia tidak akan bertahan," teriak samudra.

Menjaga isi laut dan hidup berdampingan dengan alam secara keseluruhan merupakan cara agar manusia dapat bertahan hidup. Inilah yang ingin disampaikan Conservation International (CI) Indonesia melalui film Alam Berbicara versi Indonesia dari kampanye global mereka yang telah sukses menggalang dukungan untuk konservasi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kampanye sosial ini sebagian besar berbasis media sosial dan sudah diluncurkan CI menjelang Conference of the Parties (COP) ke-21 yang diselenggarakan di Paris, Perancis, pada 30 November - 11 Desember 2015. Konferensi ini bertujuan untuk membentuk kesepakatan internasional tentang iklim yang mengikat secara hukum.
 
(LHE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA