Gatot-Evy Dicecar Soal Dugaan Suap ke Dirdik Jampidsus

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 19 Nov 2015 16:13 WIB
gratifikasi bansos sumut
Gatot-Evy Dicecar Soal Dugaan Suap ke Dirdik Jampidsus
Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho (kanan) dan istrinya Evi Susanti (kiri) berjalan masuk Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Senin (27/7).--Foto: Antara/Yustinus Agyl

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur nonaktif Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti selesai menjalani pemeriksaan tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Kejaksaan Agung di Gedung KPK. Gatot dan Evy dicecar soal aliran dana yang diduga untuk menyuap Direktur Penyidik Jaksa Muda Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Maruli Hutagalung.

Gatot dan Evy keluar dari gedung lembaga antikorupsi ini sekitar pukul 14.40 WIB. Gatot diperiksa sebagai tersangka dan Evy diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial dan hibah Pemerintah Provinsi Sumatra Utara Tahun Anggaran 2013.

"Kami ditanya seputar uang kepada Maruli. Jadi permintaan keterangan oleh Kejaksaan," kata Gatot usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2015).

Ia menegaskan, tidak ada masalah lain yang ditanyakan Tim Satgassus Kejagung. Termasuk dugaan pemberian uang USD20.000 kepada Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Kami tidak tahu menahu (soal pemberian uang ke Jaksa Agung). Kami hanya ditanya soal Pak Maruli. Benar tidaknya," kata Gatot.

Dugaan pemberian uang kepada Maruli muncul dari Evy Susanti saat menjadi saksi dalam persidangan bekas anggota DPR Patrice Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, 11 November 2015. Evy mengaku telah memberikan uang Rp300 juta kepada O.C. Kaligis selaku pengacaranya. Uang tersebut, lanjut Evy, telah diberikan Kaligis kepada Maruli Hutagalung.

Suap untuk Maruli diduga untuk mengamankan penanganan perkara korupsi dana bantuan sosial di Provinsi Sumatra Utara yang disidik Kejaksaan Agung. Kaligis membantah pernyataan Evy. "Saya tidak tahu itu," ujar Kaligis dalam sidang di Pengadilan Tipikor, 11 November.


(MBM)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

9 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA