Gatot Akui Suap Dirdik Kejagung Rp500 Juta

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 19 Nov 2015 16:38 WIB
gatot pujo nugroho
Gatot Akui Suap Dirdik Kejagung Rp500 Juta
Gatot Pujo Nugroho memasuki Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan oleh tim Kejaksaan Agung di Jakarta, Rabu (11/11/2015). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur nonaktif Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho mengakui telah memberikan uang sebesar Rp500 juta kepada Direktur Penyidik Jaksa Muda Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Maruli Hutagalung. Uang tersebut diberikan ke Maruli melalui Otto Cornelis Kaligis, pengacara Gatot.

Gatot mendapat laporan dari Kaligis soal penyerahan uang itu. "Kami tegaskan bahwa kami mengetahui bahwa ini adalah report Pak OC (OC Kaligis) kepada kami. 'Ya, kemarin kami sudah serahkan kepada Pak Maruli 500', itulah report dari Pak OC," kata Gatot usai pemeriksaan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2015).

Menurut Gatot, Kaligis yang merupakan pengacara pribadi politikus PKS ini menyampaikan laporan pemberian uang itu kepada Evy Susanti, istri Gatot.

"Istri saya memberikan laporan kepada saya, 'itu kemarin Pak Maruli sudah kita kasih Rp500 juta," ucap dia.

Kabar pemberian uang kepada Maruli ini muncul dilontarkan Evy Susanti saat menjadi saksi dalam persidangan bekas anggota DPR Patrice Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), 11 November 2015. 

Evy mengaku, telah memberikan uang sebesar Rp300 juta kepada O.C. Kaligis selaku pengacaranya. Uang tersebut, kata Evy, telah diberikan Kaligis kepada Maruli Hutagalung.

Suap untuk Maruli diduga untuk mengamankan penanganan perkara korupsi dana bantuan sosial di Provinsi Sumatra Utara yang disidik Kejaksaan Agung. Kaligis membantah pernyataan Evy. "Saya tidak tahu itu," ujar Kaligis dalam sidang di Pengadilan Tipikor, 11 November.


(KRI)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA