SKK Migas Benarkan Perkataan Menko Rizal Terkait Penggunaan Konten Lokal

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 19 Nov 2015 19:47 WIB
skk migas
SKK Migas Benarkan Perkataan Menko Rizal Terkait Penggunaan Konten Lokal
SKK Migas FOTO, Ilustrasi dokumentasi SKK Migas.

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membenarkan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli terkait dengan tidak maksimalnya penggunaan kandungan lokal untuk kegiatan hulu migas.

Kepala Humas SKK Migas Elan Biantoro mengatakan penggunaan kandungan lokal masih sebatas kertas. Dia menambahkan pengawasan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) juga dirasa kurang ketat.

"Yang disampaikan Pak Rizal betul, kita sebatas kertas minta Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Tapi mengawasi sampai ke sana, KKKS kadang-kadang agennya perusahaan Indonesia," kata Elan dalam seminar nasional mengawal nawacita di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Elan mengungkapkan, sampai saat ini memang belum ada sanksi terkait kurangnya penggunaan kandungan lokal. Hal itu dikarenakan memang pemerintah belum menerapkan regulasi tersebut.

"Karena kita belum memasang rambu sanksinya ya bagaimana mau sanksi," ucap dia.

Dia mengatakan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan audit penggunaan local content terhadap KKKS, kontraktor dan subkontraktor sesuai dengan PTK 007 Revisi III.

"Sekarang kan sudah PTK 007 revisi III ada right to audit itu yg dikeluarkan salah satunya. Itu SKK Migas berhak melakukan audit sampai kepada PSC kontraktor, subkontraktor, sampai itu bisa kita audit," pungkas dia.


(SAW)