JK Akui Dorong Sudirman Mengadu ke MKD

Rudy Polycarpus    •    Kamis, 19 Nov 2015 22:52 WIB
pencatut nama presiden
JK Akui Dorong Sudirman Mengadu ke MKD
Wapres Jusuf Kalla. MI/IMMANUEL ANTONIUS

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said untuk melapor ke Majelis Kehormatan Dewan. JK meminta Sudirman mengungkap pertemuan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, Ketua DPR Setya Novanto, dan pengusaha minyak Muhammad Riza Chalid.

JK tak main-main dalam melihat perkara ini. Dia sempat menanyakan langsung apakah isu yang dilontarkan Sudirman adalah fakta atau isapan jempol belaka. Sudirman pun meyakinkan JK bila perkara itu benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan. "Saya bilang, 'harus Anda clear-kan, harus tuntut ini kalau begitu'," ujar Kalla di New World Hotel, tempatnya menginap selama APEC, di Manila, Filipina, Kamis (19/11/2015).

Wapres melanjutkan, Sudirman mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo sebelum menemuinya ketika akan mengadu ke MKD. Namun, JK belum dapat 'bisikan' soal apakah yang disampaikan Sudirman ke kuping Jokowi. "Saya tak tahu apa laporannya," ucap dia.

JK pun khawatir, jika Sudirman tak melapor kepada MKD sehingga kasus ini berlarut-larut dan merembet ke mana-mana. Pasalnya, salah satu yang dikhawatirkan JK bila nantinya polemik ini menghilangkan kepercayaan investor karena nama kepala negara turut diseret-seret. "Kalau tidak percaya lagi (kepada) Presiden dan Wakil Presiden, maka negeri ini bisa rusak," pungkas dia.

Dalam sejumlah kesempatan, Kalla selalu menegaskan dirinya dan Presiden satu suara dalam kasus ini, yakni mengusutnya hingga tuntas. Sementara, hal berbeda justru diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengatakan, tindakan Sudirman Said itu tak mendapat restu Presiden Joko Widodo.   

"Tidak ada restu Presiden untuk Sudirman Said laporkan ke MKD," ucap Luhut.

Pensiunan tentara ini menganggap aneh langkah Sudirman melaporkan Novanto ke MKD. Sayangnya, dia tak menjelaskan pandangannya soal anggapan itu. Luhut yang namanya beberapa kali disebut dalam rekaman yang menjadi alat bukti pelaporan Sudirman ke MKD, merasa tak perlu mengambi langkah hukum. "Saya tidak merasa tercemar. Biasa-biasa saja menurut saya," tutur dia.

 


(OGI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA