Tandai 20 Tahun Karier, Buffon Cerita Soal Awal Mula Jadi Kiper

Achmad Firdaus    •    Kamis, 19 Nov 2015 23:12 WIB
juventus 2015--2016liga italia
Tandai 20 Tahun Karier, Buffon Cerita Soal Awal Mula Jadi Kiper
Gianluigi Buffon (Foto: AP Photo/Jon Super)

Metrotvnews.com, Turin: Hari ini 19 November 2015 menjadi hari yang spesial buat kiper terbaik Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon. Pasalnya, tepat hari ini menandai 20 tahun kariernya di sepak bola profesional.

Buffon memulai debut profesionalnya di tim senior Parma pada 19 November 1995. Pelatih Parma kala itu, Nevio Scala adalah orang yang berjasa mengorbitkan Buffon.

Ketika itu, Scala tengah pusing lantaran kiper andalannya Luca Bucci harus absen karena cedera. Scala kemudian mengambil keputusan berani dengan memainkan Buffon yang kala itu masih berstatus pemain primavera.

Di usianya yang baru 17 tahun, Buffon dipercaya untuk langsung bermain di partai besar, yakni melawan AC Milan yang saat itu berstatus peraih scudetto. Namun, keputusan berani Scala terbukti jitu. Buffon mampu tampil ciamik dan membantu Parma menahan imbang (0-0) Milan yang kala itu diperkuat sejumlah pemain top macam Roberto Baggio dan George Weah.

Sejak saat itu, Buffon terus dipercaya jadi kiper andalan, hingga kini berseragam Juventus. Namun, di balik semua prestasi emasnya di bawah mistar, Buffon ternyata tidak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang penjaga gawang.

"Seperti semua anak-anak, saya memulai karier tidak di posisi kiper. Saya suka mencetak gol. Dari usia enam atau tujuh tahun, saya bermain di tengah, bahkan seorang sweeper. Jujur, saya sangat suka bermain di posisi itu," ujar Buffon.

"Tapi sepertinya takdir menentukan saya untuk jadi kiper. Ayah saya kemudian menyarankan saya untuk berganti posisi dan mencoba bermain di bawah mistar. Selama setahun, saya mencoba jadi kiper, tapi kemudian saya kembali bermain di posisi tengah," lanjutnya.

"Saya rasa, setelah lima atau enam bulan saya berhasil jadi kiper yang cukup bagus, yang mana saya mungkin memang punya bakat. Sejak saat itu, saya akhirnya posisi kiper menarik minat saya dan saya menggelutinya," tandasnya.

Selama 20 tahun berkarier di bawah mistar, Buffon dikenal sebagai salah satu kiper terbaik berkat aksi-aksi heroiknya dalam menyelamatkan gawangnya. Tak ayal, sejumlah gelar individu macam kiper terbaik Italia dan kiper terbaik Eropa, serta gelar juara bersama Parma, Juventus dan Timnas Italia, berhasil diraih kiper yang saat ini berusia 37 tahun. (Football-Italia)


(ACF)