Ahok Anggap Bodetabek Ibu Kota Jakarta

Intan fauzi    •    Jumat, 20 Nov 2015 09:59 WIB
basuki tjahaja purnama
Ahok Anggap Bodetabek Ibu Kota Jakarta
Tol dalam kota menjadi jalan yang menghubungi Jakarta dengan daerah penyangga. (Foto:Antara/Rosa Pangabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mengucurkan dana hibah untuk daerah penyangga seperti Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi. Masing-masing Kelapa Daerah dipersilakan mengajukan proposal proyek pembangunan.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Jakarta dan kota penyangganya harus dilihat sebagai satu kesatuan untuk membangun infrastruktur yang lebih baik.
 
"Ibu Kota jangan dilihat Jakarta saja, harus menyeluruh dengan pinggirannya. Tapi bukan kekuasaannya, tanggung jawabnya, melainkan kewajibannya. Karena dana mereka terbatas," kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015).
 
Ahok mencontohkan, Ia ingin memperpanjang jalur TransJakarta hingga Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor. Banyak warga mereka yang mencari rezeki di Jakarta.
 
"Sekarang orang Jakarta yang kerja dari mana? Dari Bekasi, Tangerang, Depok. Kalau naik APTB (Angkutan Perkotaan Terintegrasi Busway) harus transit naik TransJakarta, bayar dua kali. Rencananya kami mau bangun TransJakarta sampai ke daerah penyangga dengan tarif Rp 3.500," jelas Ahok.
 
Ahok menyadari TransJakarta tidak menjadi prioritas kebijakan pemerintah daerah penyangga. Karena pembangunan jalur Tranjakarta tidak murah.  "Jalnnya harus kuat tahan beban 30 ton, harus dibeton, bangun halte, APBD mereka tidak cukup. Nah kami siap bantu dananya," katanya.
 


(FZN)