Kredit Macet Bank Kalsel Capai 5%

   •    Jumat, 20 Nov 2015 13:00 WIB
perbankan
Kredit Macet Bank Kalsel Capai 5%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Bank Kalsel yang merupakan bank daerah Kalimantan Selatan mencatat tingkat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) mencapai lima persen dari total penyaluran kredit sekitar Rp8 triliun.

Direktur Utama Bank Kalsel Juni Rifat mengatakan, kredit macet tersebut merupakan angka tertinggi dibanding nilai kredit macet tahun-tahun sebelumnya yang hanya berkisar 2-3 persen. Beberapa faktor yang memengaruhi tingginya kredit macet tersebut antara lain adalah anjloknya harga beberapa komoditas andalan Kalsel seperti batu bara, sawit, dan karet.

Ia tidak menampik pihaknya harus berhati-hati dalam penyaluran kredit, di tengah anjloknya harga batu bara dan minyak sawit mentah (CPO) di pasar internasional dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). 

"Kredit macet memang sulit dihindari dengan kondisi perekonomian dunia yang terjadi saat ini," ungkap Juni, seperti dikutip dari Antara, di Banjarmasin, Jumat (20/11/2015).

Juni mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya untuk membantu nasabah tetap bisa memenuhi kewajibannya antara lain restrukturisasi dan rekondisi, di mana kewajiban angsuran kredit disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Dirinya berharap melalui upaya-upaya tersebut kredit macet yang kini mencapai lima persen, pada akhir tahun bisa turun menjadi maksimal empat persen. "Kredit yang kami salurkan mencapai Rp8 triliun, sehingga nilai lima persen menjadi sangat besar," pungkasnya. 


(ABD)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

1 hour Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA