Pemerintah Fokus Perkuat Konektivitas Infrastruktur Darat-Laut

   •    Jumat, 20 Nov 2015 13:41 WIB
infrastruktur
Pemerintah Fokus Perkuat Konektivitas Infrastruktur Darat-Laut
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah siap untuk fokus dalam memperkuat konektivitas infrastruktur yang di darat dengan di laut seperti pelabuhan nasional dalam rangka mengembangkan wilayah berbasis kemaritiman di berbagai daerah di Tanah Air.

"Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dalam pembangunan infrastruktur adalah belum mantapnya konektivitas antara infrastruktur di darat dan laut," kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hermanto Dardak, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Untuk itu, ujar dia, hal tersebut penting untuk diatasi karena Indonesia dinilai memerlukan percepatan pengembangan di wilayah pesisir sebagai motor penggerak ekonomi nasional. Terlebih lagi, lanjutnya, potensi sumber daya alam dan ekonomi di wilayah pesisir, terutama Kawasan Timur Indonesia (KTI) masih sangat besar. 

"Potensi yang besar itu, saat ini belum terkelola optimal karena ketersediaan infrastruktur yang belum terlalu memadai," ucap Hermanto.

Ia mengungkapkan, intervensi pemerintah untuk mengatasi tantangan dan upaya memetik peluang dari potensi yang ada tersebut adalah pemerintah pusat telah menerapkan perencanaan dengan pola pendekatan Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) sebagai basis perencanaan keterpaduan infrastruktur di Indonesia.

Sebelumnya, Gubernur Lembaga Ketahahan Nasional (Lemhannas) Budi Susilo Soepandji mengatakan, pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim mutlak diperlukan untuk mewujudkan cita-cita mengembalikan kejayaan maritim Nusantara.

"Misalnya, melalui pembangunan jalan tol laut, pelabuhan laut dalam, logistik, industri perkapalan, dan pariwisata maritim," pungkas Budi. 


(ABD)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA