Pengadaan FAME Diyakini Mampu Kurangi Impor Solar

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 20 Nov 2015 15:14 WIB
pertaminabiofuel
Pengadaan FAME Diyakini Mampu Kurangi Impor Solar
Ilustrasi. (FOTO: MI/ATET DWI PERMATA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kerja sama PT Pertamina (Persero) bersama 11 badan usaha produsen fatty acid methyl ester (FAME) diprediksi mampu mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

"Kalau produksi solar pada 2016 meningkat 20 persen, artinya 20 persen impor juga akan berkurang," ujar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang saat ditemui di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015).

Bahkan, jika produksi solar tetap berada di posisi 15 persen pada tahun depan, menurutnya, pemerintah tidak harus mengimpor solar lagi. Sebab, hal ini menujukkan komposisi solar untuk negeri sudah cukup aman.

"Kalau andaikan 15 persen (produksi solar), Pertamina tidak perlu impor solar lagi," ungkapnya.

Namun, jika produksi solar terus bertambah dan melebihi kapasitas yang seharusnya, maka perseroan harus segera mengekspor lantaran adanya solar yang berlebihan. Namun, Ia menegaskan, ekspor tersebut hanya masih dalam perkiraan.

"Tapi kalau Pemerintah naikkan, berarti ada kelebihan (pasokan) solar, Pertamina harus ekspor. Tahun depan ini. Tapi kita masih bingung juga ya," jelasnya.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA