Capello Sempat Meragukan Kemampuan Buffon

Hilman Haris    •    Jumat, 20 Nov 2015 18:36 WIB
juventus 2015--2016liga italia
Capello Sempat Meragukan Kemampuan Buffon

Metrotvnews.com, Turin: Gianluigi Buffon menjadi salah satu kiper hebat di dunia dalam 15 tahun terakhir. Uniknya, kualitas Buffon sempat diragukan oleh pelatih kawakan asal Italia, Fabio Capello.

Buffon yang kini memperkuat Juventus memulai karier sebagai pesepak bola profesional bersama Parma. Ia melakoni debut di Liga Italia Serie-A pada 19 November 1995. Kebetulan, Buffon melawan AC Milan ketika itu. Klub yang sedang dilatih Don Fabio.

Capello kaget ketika tahu Buffon dipasang sejak menit awal. Eks pelatih Roma itu merasa tak percaya pelatih Parma kala itu, Nevio Scala menurunkan Buffon yang baru berusia 17 tahun.

“Saya ingat hari itu karena sedang menjadi pelatih Milan. Saya mendapat kabar Scala mengubah susunan pemain. Saya kaget ketika diberi kabar Scala menurunkan pemain Primavera di posisi penjaga gawang," kenang Capello. 

Capello baru menyadari kehebatan Buffon usai laga berakhir. Ketika itu, Buffon berkali-kali melakukan penyelamatan penting sehingga membuat Parma bisa mengakhiri laga dengan skor 0-0.

“Sesudah pertandingan, saya tahu kenapa mereka mengambil putusan itu. Laga berakhir 0-0 dan Buffon melakukan tiga penyelamatan hebat,” kenang Capello.

Don Fabio akhirnya memiliki kesempatan secara langsung untuk menangani Buffon. Momen bersejarah itu terjadi saat Capello didapuk sebagai pelatih Juventus pada 2004--2006. Lantaran sudah melihat kemampuan Buffon secara langsung, Capello berani menyebut pesepak bola gaek itu dalam lima kiper terbaik di dunia.

“Dia sejajar lima kiper terbaik sepanjang sejarah. Dino Zoff, Ricardo Zamora, Lev Yashin, Gordon Banks, dan Buffon merupakan yang terhebat sepanjang masa,” puji Capello. (Football Italia)


(HIL)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

13 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA