ULN Jangka Pendek Diperkirakan Meningkat di 2016

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 20 Nov 2015 19:02 WIB
utang luar negeri
ULN Jangka Pendek Diperkirakan Meningkat di 2016
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi Utang Luar Negeri (ULN) jangka pendek untuk tahun depan akan mengalami peningkatan. Sampai dengan kuartal III-2015 posisi ULN jangka pendek hanya USD56,2 miliar atau 18,6 persen dari total ULN Indonesia sebesar USD302,4 miliar.

"ULN jangka pendek seperti capital untuk modal tenaga kerja kemungkinan akan naik lagi," ujar Direktur Eksekutif‎ Kepala Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowati, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015).

Dirinya menambahkan, kondisi ULN jangka pendek hingga kuartal III-2015 juga mengalami penurunan 2,8 persen dari USD56,9 miliar pada kuartal sebelumnya. "Jadi kalau kita lihat ULN jangka pendek itu tumbuh negatif padahal biasanya itu selalu di atas posisinya. Kalau kegiatan ekonomi membaik pasti ini akan tumbuh lagi," terang dia.

Lebih lanjut, Hendy menjelaskan, jika pertumbuhan ULN jangka pendek pada tahun depan akan disokong oleh kebutuhan swasta untuk menambah permodalan serta kondisi perekonomian yang diprediksi membaik.

"Ini biasanya untuk modal perusahaan, untuk biaya pengolahan nanti mereka pinjam, dibayar, lalu ditarik lagi. Kalau ekonomi membaik nanti akan membaik lagi," pungkasnya.


(ABD)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA