Mau Borong Saham Freeport, Pemerintah Kok Tak Punya Uang?

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 20 Nov 2015 19:24 WIB
freeport
Mau Borong Saham Freeport, Pemerintah <i>Kok</i> Tak Punya Uang?
Ilustrasi tambang Freeport. (ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini Pemerintah tak kunjung menyiapkan anggaran untuk memperbesar porsi kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia. Padahal, Pemerintah berencana mengambil alih saham PTFI melebihi porsi saat ini yang hanya 9,36 persen.

Bahkan Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro sebagai bendahara negara menegaskan Pemerintah tak menganggarkannya dalam APBN untuk membeli saham lebih besar.

"Enggak ada, coba dibongkar (APBN) enggak ada anggarannya," kata Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015).

Sementara itu, pengamat energi Iress, Marwan Batubara menilai Pemerintah terkesan tidak serius untuk mengambil alih lebih besar lagi tambang milik anak usaha Freeport McMoran. Jika Pemerintah punya niat baik, maka bagaimanapun caranya pemerintah tentu akan mencari jalan untuk mengambil alih pengelolaan perusahaan tambang di Papua itu.

"Harus punya niat baik untuk membelinya, namanya negara mestinya segala macam cara di ambil. Tapi kalau niat dari awal niat baiknya saja enggak ada?" kata Marwan pada Metrotvnews.com.

Lebih jauh, Marwan memandang, Pemerintah bisa bersinergi dengan meminta persetujuan DPR dalam pembahasan APBNP mendatang untuk menganggarkan itu. Atau tak perlu harus menggunakan dana APBN, Pemerintah bisa mendorong BUMN atau BUMD untuk mengambil alih peran tersebut.

"Jangan alasan enggak punya uang. Caranya bagaimana saja bisa dilakukan. Disuruh saja BUMN Antam untuk ambil alih. Kalau enggak ada uangnya, ya pinjam dulu atau bagaimana, supaya kita mendapatkan yang terbaik," jelas dia.


(AHL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA