Golkar Sangat Subur Melahirkan Partai Baru

Anggitondi Martaon    •    Jumat, 20 Nov 2015 21:07 WIB
golkar
Golkar Sangat Subur Melahirkan Partai Baru
Elite Golkar. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Golkar merupakan partai politik dengan kader paling subur melahirkan partai baru. Pengamat politik LIPI Siti Zuhro menyebut fenomena tersebut tidak normal dalam sebuah partai.

"Harusnya jadi pertanyaan, mengapa seperti itu?‎" kata Siti dalam diskusi 'Menemukan Momentum Kebangkitan Partai Golkar' di kantor DPP Partai Golkar, Jalan Angrek Nelly Murni, Jakarta Barat, Jumat (20/11/2015).

Menurutnya, Golkar tidak mampu mengakomodir sumber daya manusia  yang potensial. Akibatnya, kader potensial memilih keluar dan membuat partai baru‎, seperti Surya Paloh (mendirikan NasDem), Prabowo Subianto (Gerindra), dan Wiranto (Hanura).‎ ‎

Penyebab lainnya, kompetisi antar kader tidak dikelola dengan baik, sehingga kerap terjadi konflik internal. Perlu perubahan sistem di Golkar agar kompetisi di internal berjalan baik. Konflik kepentingan dalam pemilihan pemimpin harus dihindari.‎

Konflik internal Golkar yang hingga saat ini belum selesai melibatkan kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono. Ical dan Agung sama-sama mengklaim memimpin pengurus Golkar yang sah.

Kekosongan Kepemimpinan

Politikus Partai Golkar Taufik Hidayat menilai saat ini terjadi kekosongan kepemimpinan di Golkar setelah putusan Mahkamah Agung mengembalikan kepengurusan ke hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Riau.

Dia mendesak Golkar kembali menggelar Munas untuk menyelesaikan konflik dan memilih pengurus baru. "Dengan harapan Munas menyelesaikan persoalan kubu Munas Ancol dan Bali," ujar dia.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA