Ruki: Pernyataan Aziz Syamsuddin Buat Johan Budi Sakit

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 21 Nov 2015 01:40 WIB
capim kpk
Ruki: Pernyataan Aziz Syamsuddin Buat Johan Budi Sakit
Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki berbincang dengan dua komisioner KPK--Foto: Antara/Hafidz

Metrotvnews.com, Bogor: Pelaksana Tugas Pimpinanan KPK, Taufiequrachman Ruki menyindir pernyataan Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin terhadap delapan calon pimpinan KPK. Sembari berkelakar, Ruki menyebut pernyataan tersebut menyebabkan Johan Budi sakit.

"Pak JB (Johan Budi) sakit flu, sebenarnya karena pernyataan Aziz Syamsudin kemarin. Makanya saya bilang jangan begitulah," kata Ruki dalam acara gathering KPK di Camp Hulu Cai, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/11/2015).

Purnawirawan Polri ini mengaku tak masalah siapa sosok lima calon pimpinan KPK yang akan dipilih Komisi III nanti. Namun, ia masih berharap salah satu dari lima calon yang dipilih ada nama Johan Budi.

"Mau pilih satu, dua atau tiga, yang penting ada nama JB di dalamnya, betul enggak?" tukas dia.

Sebelumnya, Aziz meragukan kualitas delapan Capim KPK. Lantaran itu, politisi Partai Golkar itu menyebut Komisi III ragu meloloskan delapan nama yang telah diserahkan Presiden Joko Widodo.

Untuk meyakinkan kualitas Capim, Komisi III sudah mengundang Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK sebagai pertimbangan untuk melanjutkan atau tidaknya uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Capim KPK.

"Hasil Pansel kita akan liat persyaratan-persyaratan tersebut dan akan ditindaklanjuti masuk fit and propet atau bagaimana tanggapan," kata Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 17 November 2015.


(REN)