Merpati Mampu Pindai Kanker Payudara dengan Akurat

   •    Sabtu, 21 Nov 2015 09:56 WIB
unik
Merpati Mampu Pindai Kanker Payudara dengan Akurat
Merpati yang bisa meminta kanker payudara (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, California: Rumah sakit bisa segera berbondong-bondong untuk mendaftarkan burung merpati setelah peneliti menegaskan mereka dapat memindai kanker payudara seperti halnya dokter.

Para ilmuwan tercengang menemukan burung dapat diajarkan untuk mengenali bukti jaringan jinak atau ganas di sistem pindai mammogram dan slide biopsi.

Petugas medis kadang-kadang berjuang untuk menafsirkan data setelah beberapa tahun pendidikan, tetapi dalam dua minggu merpati dapat membaca dengan benar di 85 persen kasus yang ada.

"Dengan pelatihan dan penguatan makanan, merpati melakukan lebih baik dari manusia," ujar Profesor Richard Levenson, seperti dikutip Mirror, Sabtu (21/11/2015).

"Burung-burung yang sangat mahir membedakan antara slide kanker payudara jinak dan ganas secara meningkat. Akurasi dari satu hari pada oeningkatan rendah beranjak dari 50 persen yang benar menjadi 85 persen pada hari 13 sampai 15," tuturnya.

Delapan burung mengambil bagian dalam percobaan, mematuk tombol biru atau kuning pada gambar jinak atau ganas, dan mendapatkan hadiah makanan untuk jawaban yang benar.

Mereka juga sebaik ahli radiologi mendeteksi bintik klasifikasi mikroskopis pada mammogram, yang dapat menjadi tanda awal kanker.

Merpati memiliki otak tidak lebih besar dari ujung jari telunjuk tetapi memiliki jalur saraf yang sama dengan yang dimiliki manusia. Mereka sudah dikenal untuk dapat membedakan antara huruf-huruf alfabet dan lukisan karya seniman yang berbeda.

University of California Profesor Levenson di Davis, AS, berpikir merpati harus memainkan peran dalam pengembangan prosedur diagnostik baru.

" 'sensitivitas Merpati' untuk fitur diagnostik yang menonjol dalam gambar medis menyarankan mereka dapat memberikan umpan balik yang dapat diandalkan," tegas Levenson. (Nabila Gita)


(FJR)