Penyakit yang Kerap Menyerang Kaki

   •    Sabtu, 21 Nov 2015 12:08 WIB
kesehatan
Penyakit yang Kerap Menyerang Kaki
Sakit pada kaki beragam penyebabnya (Foto:Healthtap.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda berjalan, lalu tiba-tiba kaki terasa sakit? Jika ya, bisa saja Anda menderita beberapa penyakit tertentu.

Berdasarkan data American Orthopaedic Foot and Ankle Society (AOFAS), penyakit kaki sekitar 80 persen menyerang wanita.

Ada banyak faktor penyebab. Salah satunya, wanita gemar memakai sepatu yang lebih kecil daripada ukuran kaki mereka.

Wanita juga lebih suka pakai sepatu hak tinggi. Padahal, ada banyak penelitian yang mengklaim, high heels tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut jenis penyakit yang kerap menimpa kaki.

1. Plantar Fasciitis
Plantar fasciitis biasanya menyerang orang pada usia kisaran 40 hingga 65 tahun. Plantar fasciitis merupakan penyebab paling umum dari nyeri tumit, yang membuat Anda sakit ketika berdiri atau berjalan. Cukup pijat dan lakukan peregangan kaki serta betis untuk meredakan sakit.

2. Bunions dan hammertoes
Cacat atau benjolan pada ibu jari (bunions) dan jari-jari kaki lebih kecil (hammertoes) bersifat genetik. Kondisi ini bertambah parah saat Anda mengenakan sepatu yang terlalu ketat. Sendi bisa semakin sakit ketika sepatu bergesekan dengan kaki sehingga menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan kemerahan.

Cara mengatasinya ialah dengan memilih sepatu yang tepat. Harus ada sekitar setengah inci ruang antara ujung jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu.

3. Kapalan
Kapalan menimbulkan sakit ketika berjalan. Kapalan juga menyebabkan luka lecet yang membuat Anda menderita. Obati kapalan dengan merendam kaki dalam air hangat, kemudian oleskan lotion pelembab yang sarat dengan asam glikolat, asam laktat, atau urea.

4. Achilles Tendonitis
Achilles tendon melekat pada tulang tumit di bagian belakang kaki Anda, dapat menjadi iritasi dan meradang saat berlebihan. Pelari sangat rentan menderita tendon. Potensial lainnya, penyebab achilles tendon adalah penyakit gout. Untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa mengompres kaki dengan es dan kurangi aktivitas yang memperburuk rasa sakit.

5. Morton Neuroma
Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di kaki, terutama jari kaki. Hentakan berulang pada permukaan keras dapat menyebabkan trauma saraf yang menyebabkan jari-jari kaki sakit. Orang yang memiliki bunions, hammertoe, lengkungan tinggi, kaki datar, juga berisiko lebih tinggi menderita Neuroma Morton. (Sumarni/Prevention)


(ROS)