Ini Tempat Nongkrong Kaum Gay di Depok

Al Abrar    •    Sabtu, 21 Nov 2015 13:09 WIB
homoseksual
Ini Tempat Nongkrong Kaum Gay di Depok
Jalan Margonda, Kota Depok-----MI/Barry Fatahillah

Metrotvnews.com, Depok: Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok melakukan pemetaan terhadap jumlah kaum gay di Kota Depok, Jawa Barat. Hasilnya ada 5.791 orang terindentifikasi homoseksual.

Lembaga masyarakat Komunitas Aksi Kemanusiaan Indonesia (KAKI) yang dipercaya melakukan pendataan menyebut, kaum gay di Depok, biasanya berkumpul di sejumlah tempat ramai. Kebanyakan di antara mereka suka berkumpul di salah satu mal terbesar di Kota Depok.

"Tempat favorit nongkrong mereka ada di mal, warnet dan kos-kosan," kata Koordinator KAKI Kota Depok, Tommy Sumantri, kepada Metrotvnews.com, Sabtu (21/11/2015).

Tommy mengatakan, aktivitas yang biasa mereka lakukan di tempat umum hanya sekadar berkumpul. Kaum homoseksual, lanjut Tommy, tidak pernah menggoda atau meganggu pengujung lain. Hal tersebut lantaran mereka tertutup dengan orang lain.

"Mereka introvert," ujar Tommy.

Buat mengatasi peningkatan jumlah pengidap AIDS, Tommy mengaku, KAKI selalu memberikan edukasi kepada kalangan homoseksual. Hal tersebut untuk mencegah tertularnya virus HIV/AIDS yang kerap meyebar melalui hubungan seks sesama jenis.

"Kita selalu mengimbau kaum gay setia dengan pasangannya," jelas dia.

KPA Kota Depok mengidentifikasi ada ribuan homoseksual tinggal di Depok. Mereka kebanyakan tinggal di tiga kecamatan di Kotra Depok. Tak hanya itu, kaum homoseksual di Depok umumnya berusia 20 tahun hingga 50 tahun. Banyak di antara mereka adalah mahasiswa.


(TII)