Nominasi Film Terbaik FFI 2015: Mencari Hilal

Putu Radar Bahurekso    •    Sabtu, 21 Nov 2015 15:38 WIB
ffi (festival film indonesia)
Nominasi Film Terbaik FFI 2015: Mencari Hilal
Poster film Mencari Hilal (Foto:MVP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencari Hilal merupakan salah satu film yang masuk daftar nominasi film terbaik Festival Film Indonesia 2015 (FFI 2015).

Film ini sudah tayang perdana pada Juli 2015. Mencari Hilal bercerita tentang perjalanan ayah dan anak untuk mencari hilal.

Film ini sarat akan makna dengan menghadirkan cerita dan konflik antar ayah dan anak yang memperlihatkan hubungan antar keluarga, juga hubungan dengan agama. Film ini diperankan Oka Antara dan Deddy Sutomo.

Oka Antara dan Deddy Sutomo sudah tidak asing lagi dengan film drama religi. Keduanya sebelumnya pernah bermain dalam film yang juga memiliki nuansa religi. Oka Antara pernah tampil di Ayat-Ayat Cinta, dan Perempuan Berkalung Sorban. Sedangkan, Deddy Sutomo pernah berakting di film Doa yang Mengancam.

Keduanya pun pernah beradu akting bersama sebelumnya dalam film The Raid 2 Berandal. Dalam film ini Oka berperan sebagai sang anak bernama Heli, dan Deddy sebagai ayah bernama Mahmud.

Berakting dalam film yang berbeda dari minat pasar pada umumnya, menjadi salah satu alasan Oka Antara bermain dalam film ini.

"Saya memang mau main film yang beda. Film yang maknanya dalam. Saya enggak mau mainin film yang ceritanya kayak dongeng. Kayak cerita sinetron yang konfliknya enggak jelas," jelas Oka Antara saat penayangan perdana Mencari Hilal di Pejaten Village, Jakarta, pada 5 Juli 2015.

Oka cukup luwes berperan sebagai seorang anak dan aktivis kemanusiaan penganut paham sekuler. Penampilan Oka dalam beberapa film religi sebelumnya, membuat akting Oka dalam film ini terlihat natural.

Meskipun Oka sempat menemui kesulitan lantaran perbedaan umur dengan Deddy yang terlalu jauh, hubungan kedua tokoh dalam film ini tidak mmperlihatkan kecanggungan itu.

Sosok Heli memang tidak terlihat terlalu dekat dengan Mahmud. Namun itu bukan karena kecanggungan mereka. Itu lebih karena hubungan kedua tokoh tersebut yang diplot demikian. Berbeda pandangan dan pekerjaan.

"Kesulitan chemistry sama Deddy, saya sempat canggung gara-gara perbedaan usia yang jauh. Tapi karena di lokasi hanya berdua dan juga tuntutan peran, akhirnya kita mengobrol dan beliau orangnya lumayan asyik," tutur Oka.

Tidak banyak kendala yang dihadapi oleh kedua aktor ini selama syuting selain perbedaan umur. Kendala lainnya hanya masalah teknis seperti Oka sempat bercerita bagaimana canggungnya Deddy menaiki sepeda motor jadul karena sudah lama tidak naik motor.

Di luar pesan mendalam yang dihadirkan film ini serta aktor-aktor berpengalaman, film ini dianggap tidak laku di pasaran Indonesia karena tidak mencapai target penonton.

Walau demikian, Mencari Hilal membuktikan kualitasnya dengan menembus daftar nominasi film terbaik FFI 2015.


(ROS)