Seorang Napi Lapas Muara Taweh Kabur

Antara, Anggitondi Martaon    •    Minggu, 22 Nov 2015 08:27 WIB
tahanan kabur
Seorang Napi Lapas Muara Taweh Kabur
Ilustrasi/Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Muara Taweh: Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Taweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlasin Bin Abdul Azis (39) kabur dari tahanan. Padahal, masa hukuman Muhlasin sudah hampir selesai.

Kalapas Kelas II B Muara Taweh Mochammad Yahya mengungkapkan, saat ini pihak lapas bersama kepolisian berusaha mencari dan mengejar narapidana itu.

"Saat ini pelaku sedang dalam pengejaran petugas dan foto identitas napi itu sudah kami sebarkan ke sejumlah tempat," kata Yahya di Muara Teweh, Minggu (22/11/2015).

Yahya mengungkapan, Muchalsin sedang dalam tahap pembinaan (tamping) sebagai petugas kebersihan petugas pintu utama (P2U) diperkirakan kabur pada Jumat 20 November sore. Kemungkinan besar narapidana yang telibat dalam kasus illegal logging tersebut kabur melalui pintu utama.

"Karena sebagai tamping P2U sehingga dia bisa keluar pintu Lapas dengan memanfaatkan kondisi itu sehingga dia melarikan diri padahal tidak lama lagi bebas," Ungkap Yahya.

Setelah diketahui kabur, pihak Lapas Muara Teweh langsung melakukan koordinasi dengan Polres Barito Utara untuk melakukan pengejaran kesejumlah tempat yang diduga sebagai tempat pelariannya. Kemungkinan besar napi itu tidak kembali kerumah.

"Pelaku kemungkinan tidak pulang ketempat istrinya, karena hubungan kedua suami istri itu sedang tidak harmonis," ujarnya.

Upaya pencarian narapidana yang kabur itu terus dilakukan,  pihak lapas sudah melakukan pemantauan disejumlah tempat di Muara Teweh dan menyebar petugas hingga Banjarmasin untuk mencari pelaku.


(OJE)