Belum Ada Usulan Pemekaran Wilayah untuk Madura

Agus Josiandi    •    Minggu, 22 Nov 2015 11:31 WIB
madura mau jadi provinsi
Belum Ada Usulan Pemekaran Wilayah untuk Madura
Spanduk Selamat Datang di Provinsi Madura bertebaran di Bangkalan, 8 November, MTVN - Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Usulan pemekaran wilayah di Pulau Madura belum juga masuk ke DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Padahal, pemekaran wilayah menjadi syarat untuk Madura menjadi provinsi baru.

Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) mengaku heran lantaran belum ada usulan tersebut. Padahal P4M sudah menggelar empat kali musyawarah besar (mubes) untuk membahas pemekaran dan realisasi provinsi.

"Tapi nyatanya, hingga sekarang belum ada pengajuan pemekaran, lah Mubes 4 kali itu hasilnya apa?" terang Sekretaris Jenderal P4M Jimhur Saros, Minggu (22/11/2015).

Jimhur menganggap wajar banyak penilaian miring pada upaya P4M untuk membuka pemekaran. Alasannya, masyarakat cenderung tak peduli sehingga mubes tak membuahkan hasil.

Jimhur pun mengaku mendapat anggapan deklarasi Provinsi Madura sebagai upaya untuk mencari untung. "Padahal, kami begitu serius mengupayakan pemekaran ini," kata Jimhur.

Di tempat terpisah, Humas P4M Sarbini mengatakan akan segera menemui Komisi II DPR RI dan Menteri Dalam Negeri terkait usulan pemekaran wilayah. Langkah itu, kata Sarbini, bukti keseriusan P4M merealisasikan Provinsi Madura.

"Ada dua agenda kami dalam waktu dekat, terkait langkah P4M dalam merealisasikan pemekaran. Penjelasan dihadapan Komisi II DPR RI selaku komisi yang menangani hal ini, berikutnya juga sudah diagendakan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri Pak Thahjo Kumolo," jelas Sarbini.

Menurut Sarbini, langkah P4M mengupayakan pemekaran semata-mata untuk perbaikan sosial-ekonomi masyarakat pulau garam. Sementara terkait siapa yang akan memimpin Madura nantinya jika pemekaran berhasil dilakukan, pihaknya menyerahkan hal itu pada masyarakat.

Pada 10 November, P4M mendeklarasikan Provinsi Madura. Ratusan warga menghadiri acara Deklarasi Provinsi Madura yang berlangsung di Gedung Rato Ebuh Bangkalan, Madura.


(RRN)