Rusia Lancarkan Serangan Terdahsyat terhadap ISIS

Willy Haryono    •    Minggu, 22 Nov 2015 11:39 WIB
isis
Rusia Lancarkan Serangan Terdahsyat terhadap ISIS
Pesawat jet tempur Rusia tipe Su-27 terbang di langit St Petersburg, 25 April 2015 . (Foto: AFP / OLGA MALTSEVA)

Metrotvnews.com, Beirut: Rusia melancarkan serangan terdahsyat terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) di wilayah timur Suriah, sejak konflik pertama kali meletus empat tahun lalu. 

Menurut laporan grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights, seperti dikutip AFP, Sabtu (21/11/2015), pesawat jet tempur Rusia dan Suriah melancarkan lebih dari 70 serangan udara di provinsi Deir Ezzor. Serangkaian serangan menewaskan sedikitnya 36 orang, termasuk sepuluh anak-anak.

Observatory juga melaporkan serangan gabungan mengenai beberapa titik, termasuk tiga ladang minyak. Serangan ini merupakan gempuran terdahsyat sejak konflik di Suriah dimulai pada Maret 2011. 

Militer Rusia pertama kali terlibat dalam konflik Suriah pada 30 September 2015. 

Meski dibombardir, sebagian besar wilayah di provinsi Deir Ezzor masih dikuasai ISIS. 

Sementara itu pertempuran darat terjadi antara pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan ISIS di sekitar bandara di Deir Ezzor. Sehari sebelumnya, bentrokan menewaskan 30 orang, 22 di antaranya militan ISIS. 

Presiden Rusia Vladimir Putin bertekad meningkatkan serangan udara terhadap ISIS setelah jatuhnya pesawat maskapai Kogalymavia di Mesir. Setelah diinvestigasi, pesawat itu rupanya jatuh akibat ledakan bom. Tragedi tersebut menewaskan semua penumpang dan kru yang berjumlah 224 orang.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat maskapai Rusia, dan sempat menunjukkan bukti penampakan bom yang digunakan di media sosial.


(WIL)

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

4 hours Ago

Peradi mengajukan surat pemeriksaan etik terhadap Fredrich ke KPK.

BERITA LAINNYA