Pria Prancis Ajak Umat Muslim Perangi Terorisme

Willy Haryono    •    Minggu, 22 Nov 2015 11:55 WIB
prancis diserang
Pria Prancis Ajak Umat Muslim Perangi Terorisme
Seorang pria di Toulouse, Prancis, Sabtu (21/11/2015), memegang plakat bertuliskan "Teroris bukan Muslim.". (Foto: AFP/REMY GABALDA)

Metrotvnews.com, Paris: Seorang pria di Prancis mengajak komunitas Muslim untuk memimpin perang melawan terorisme yang kerap mengatasnamakan agama Islam. 

Dalam sebuah video yang menjadi viral di Prancis, pria bernama Bassem Braiki, mengutuk keras serangan teroris yang menewaskan 130 orang dan melukai ratusan lainnya pada 13 November. 

"Saya memanggil kepada semua Muslim di Prancis: mari lindungi agama kita. Mari lacak orang-orang yang berpura-pura menjadi Muslim dan membunuh banyak orang," kata Braiki, seperti dilansir The Independent, Sabtu (21/11/2015). 

"Bukan petugas yang akan menghabisi mereka, tapi kita," tambah dia. 

Braiki meminta sesama Muslim di negaranya untuk melaporkan aktivitas mencurigakan apapun kepada aparat. Dia mengatakan akan ada banyak orang yang menganggap semua Muslim itu teroris. Menurut dia, hanya orang berpendidikan dan berpikiran terbuka saja yang dapat melihat bahwa terorisme itu "bukan Islam."

"Kita umat Muslim harus mempertahankan nilai-nilai di Republik ini. Kita harus melaporkan segala aktivitas mencurigakan ke petugas. Kita, Muslim Prancis, yang memegang teguh agama dan mengikuti prinsip-prinsip Islam - agama yang mengajarkan perdamaian dan saling berbagi," ungkap Braiki. 

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan pria Muslim di Paris muncul di dunia maya. Memakai penutup mata, seorang pria tak dikenal berdiri di samping sebuah plakat bertuliskan: "Saya Muslim, tapi ada yang bilang saya itu teroris. Saya percaya dengan Anda, apakah Anda percaya dengan saya? Jika iya, peluk saya."

Pria itu memilih Place de la Republique, sebuah lapangan dekat lokasi serangkaian aksi teror di Paris, sebagai tempat melancarkan aksi damai. Permintaan pria itu mendapat respon luar biasa. Satu per satu warga Paris mendekat dan memeluknya. Tidak sedikit warga yang terharu dan meneteskan air mata.


(WIL)

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

Seluruh Bisnis Novanto Terancam Disita KPK

6 hours Ago

Penyitaan akan dilakukan jika mantan Ketua DPR RI itu tidak dapat mengembalikan uang ganti rugi…

BERITA LAINNYA