Imigran Gelap Seharusnya Dikembalikan ke Negara Asal

   •    Jumat, 08 Nov 2013 22:45 WIB
 Imigran Gelap Seharusnya Dikembalikan ke Negara Asal
Antara/Iggoy el Fitra/vg

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana pemerintah Australia mengirim puluhan imigran yang ditangkap di perairan Australia ke Indonesia mengundang kecaman.

Dalam pemindahan itu, Australia beralasan para pencari suaka mendatangi Indonesia terlebih dahulu, sehingga mengembalikannya ke Indonesia.

“Seharusnya Australia mengembalikan ke negara asal. Indonesia bukan negara fasilitator, silahkan Australia berkoordinasi dengan UNHCR (United Nation High Commissioner for Refugees), sebagai organisasi PBB yang mengurusi para pengungsi,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin di Jakarta, Jumat (8/11).

Ia menegaskan, Indonesia bukan negara tujuan dan bukan negara yang memfasilitasi para imigran gelap untuk masuk ke Australia.

“Tapi negara yang dirugikan juga sebagai wilayah perlintasan. Mereka arogan dan menganggap kita membiarkan imigran-imigran itu,” tuturnya.

Sementara anggota Komisi I DPR dari fraksi Hanura Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan, Australia seharusnya tidak membebani Indonesia dengan permasalahan imigran tersebut.

“Permasalahan imigran gelap ini kan sudah lama. Seharusnya Australia dan Indonesia segera menjadikan hal ini agenda khusus dalam pembicaraan bilateral,” katanya. (Nurulia Juwita Sari)


KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

KPK Terima Surat Pemeriksaan Etik Fredrich dari Peradi

4 hours Ago

Peradi mengajukan surat pemeriksaan etik terhadap Fredrich ke KPK.

BERITA LAINNYA