Pegiat HAM Akan Selenggarakan Konferensi Nasional Kota dan Kabupaten HAM

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 22 Nov 2015 12:44 WIB
ham
Pegiat HAM Akan Selenggarakan Konferensi Nasional Kota dan Kabupaten HAM
Ilustrasi,--Foto: MI/MF

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Kota dan Kabupaten HAM, pada 25 dan 26 November 2015 di Hotel Aryaduta, Jakarta Utara. Konferensi ini bertujuan membuat setiap pemerintah daerah dapat menjunjung tinggi kota yang ramah Hak Asasi Manusia.

Konferensi ini akan dihadiri Menteri Hukum dan HAM Yassona H Laoly sebagai Ketnote speech, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumo dan Menteri Bappenas, Sofyan Djalil.

Senior Officer Infid, Mugiyanto mengungkapkan, beberapa daerah telah berhasil mewujudkan kota yang ramah HAM, seperti di Wonosobo dan Palu.

"Kepala daerah yang kamu undang karena memiliki komitmen kuat dalam menegakan HAM di daerahnya. Kebijakan yang dikeluarkan juga menghormati Hak Asasi Manusia," kata Mugiyanto dalam konferensi pers 'Menuju Konferensi Nasional Kota dan Kabupaten HAM' di Cheese Cake Factory di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2015).

Selain daerah yang menjadikan kotanya menjadi ramah Hak Asasi Manusia. Pegiat HAM juga akan menghadirkan sejumlah penegak hukum yang telah menunjukan komitmennya terhadap Hak Asasi Manusia.

"Seperti yang dilakukan Kapolres Jakarta Utara yang mendeklarasikan Polresnya sebagai Polres yang berbasis HAM pertama di Indonesia," tukas dia.

Dalam acara konferensi nasinal nanti juga akan dihadiri sejumlah tokoh dan kepala daerah. Di antaranya bekas Wali Kota Palu Rusdi Mastura, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, bekas Bupati Wonosobo Abdul Kholiq Arif, bekas Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Gwangju Metropolitan City Bongju Jang.


(MBM)