Komisi III Didesak Lakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan Capim KPK

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 22 Nov 2015 19:40 WIB
capim kpk
Komisi III Didesak Lakukan Uji Kepatutan dan Kelayakan Capim KPK
Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ant/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR didesak menggelar uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon pimpinan KPK (Capim KPK). Koalisi Masyarakat Sipil menilai sikap DPR yang lambat dalam menggelar uji kepatutan dan kelayakan dapat melanggar Undang-undang.

"Beberapa alasan yang dikemukakan anggota dewan seperti masih menunggu kelengkapan anggota dan masih fokus pada hal lain menurut saya tidak masuk akal," kata peneliti bidang hukum Indonesia Corruption Watch Lalola Easter di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (23/11/2015).

Lamanya keputusan untuk uji kepatutan dan kelayakan, Komisi III beralasan karena tidak ada perwakilan jaksa dari Capim KPK. Namun, Koalisi Masyarakat Sipil berpendapat alasan tersebut tidak tepat.

"Alasan itu sungguh dipertanyakan, karena dalam UU KPK itu tidak ada keharusan bahwa dalam unsur pimpinan KPK perlu ada perwakilan lembaga," tukas dia.

Bahkan menurut dia, selama ini tidak selalu perwakilan dari Kejaksaan atau Kepolisian ditempatkan di bidang penindakan. Dalam pimpinan KPK Jilid III pun bidang penindakan diisi Bambang Widjojanto yang notabene seorang advokat.

"Alasannya DPR itu tidak mendasar. Bahkan para anggota dewan itu tidak tahu posisi KPK seperti apa tapi sudah melontarkan pernyataan yang tidak perlu," pungkas dia.


(DRI)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA