Fiorentina vs Empoli

Kalinic Selamatkan Fiorentina dari Kekalahan

A. Firdaus    •    Minggu, 22 Nov 2015 23:14 WIB
liga italia
 Kalinic Selamatkan Fiorentina dari Kekalahan
Nikola Kalinic (kanan) dua golnya menyelamatkan Fiorentina dari kekalahan (Foto: AFP PHOTO/FILIPPO MONTEFORTE)

Metrotvnews.com, Florence: Diprediksi bakal menang telak atas Empoli dalam lanjutan Liga Italia Serie-A giornata ke-13, Fiorentina justru dibuat kerepotan. Bahkan skuat Paulo Sousa sempat tertinggal dua gol, sebelum akhirnya Nikola Kalinic menyelamatkan muka tuan rumah untuk membuat skor akhir 2-2.

Permainan terbuka dipamerkan oleh kedua klub. Fiorentina yang mengincar kemenangan tampil lebih agresif. Namun Empoli yang bertindak sebagai tim tamu, justru meladeninya juga dengan membalas serangan La Viola.

Lewat sisi sayap, Fiorentina coba menciptakan peluang mereka. Tapi mencetak gol hanya isapan jempol, lantaran penyelesaian akhir berujung nol.

Justru Empoli berhasil unggul via Marko Livaja pada menit 18. Memanfaatkan umpan Riccardo Saponara, pemain berdarah Kroasia itu langsung melepaskan bola ke arah gawang Fiorentina yang tak bisa dibendung Ciprian Tatarusanu. 1-0 Empoli memimpin.

Dikejutkan dengan gol dari tim tamu, sontak Fiorentina mencoba cari gol balasan. Tapi disiplinnya pertahanan Empoli membuat Khouma Babacar dkk frustasi.

Empoli bahkan berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-27. Kali ini Marcel Buchel yang melepaskan sontekan yang lagi-lagi tanpa bisa dihalau Tatarusanu. Skor 2-0 untuk keunggulan Empoli bertahan hingga babak pertama usai.

Perubahan besar dilakukan Paulo Sousa demi mengejar ketertinggalan dua gol. Salah satunya adalah memasukkan Nikola Kalinic untuk menggantikan Mario Suarez.

Perubahan tersebut berjalan efektif, sebab pemain internasional Kroasia itu mencetak gol ketertinggalan pada menit ke-55, usai memanfaatkan umpan Marcos Alonso. Skor menjadi 1-2 masih untuk keunggulan Empoli.

Kalinic benar-benar menjadi sosok pemecah kebuntuan yang dihadapi La Viola ketika menjalani babak pertama tadi. Pada menit ke-61, pemain berusia 27 tahun itu membuat keadaan menjadi 2-2. Memanfaatkan umpan dari Babacar, Kalinic dengan mudah menaklukkan kiper Empoli yang dikawal Skorupski.

Kondisi ini membuat pertandingan berjalan keras, bahkan tak jarang menimbulkan gesekan antar pemain. Wasit Luca Banti yang memimpin laga harus mengganjar Tomovic dan Livaja dengan kartu kuning, karena terlibat keributan.

Fiorentina tak mau laga kandang mereka berakhir dengan hanya mengemas satu poin. Untuk itu Sousa memasukkan Giuseppe Rossi dan menarik Babacar menit ke-80.

Sementara itu, bisa menyamakan kedudukan di babak kedua ini membuat Fiorentina tampil percaya diri untuk berupaya besar meraih kemenangan. Tapi apa daya, Empoli tak mau gawangnya kembali bobol untuk kali ketiga. Skor 2-2 pun bertahan hingga laga usai.

Dengan hanya mengemas satu poin, Fiorentina gagal mengambil alih kembali Capolista dan harus puas berada di posisi kedua. Meski memiliki poin sama, yaitu 28, tapi La Viola kalah agresivitas gol dari Napoli yang sebelumnya menang 2-0.

Susunan Pemain:
Fiorentina:
Tatarusanu; Tomovic, Gonzalo Rodriguez, Astori, Alonso; Rebic (Bernardeschi 46'), Mario Suarez (Kalinic 46'), Vecino; Borja Valero, Mati Fernandez; Babacar (Rossi 80')

Empoli: Skorupski; Laurini, Tonelli, Costa, Mario Rui; Zielisnki, Paredes, Buchel (Bittante 83'); Saponara (Krunic 74'); Livaja, Maccarone (Pucciarelli 65')


(KAU)