Presiden Optimis Kemitraan ASEAN-PBB Dorong Kesepakatan Internasional

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 23 Nov 2015 04:47 WIB
asean
Presiden Optimis Kemitraan ASEAN-PBB Dorong Kesepakatan Internasional
Presiden Joko Widodo- MI/Panca Syurkani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengharapkan kemitraan ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat mendukung tercapainya kawasan dan masyarakat ASEAN yang aman, damai, stabil dan makmur. Keinginan tersebut disampaikan Presiden pada KTT ke 7 ASEAN-PBB di Kuala Lumpur, Minggu, 22 November.

Presiden Jokowi menggaris bawahi tiga prioritas kerjasama ASEAN-PBB di masa datang. Prioritas pertama adalah mendorong implementasi Rencana Kerja ASEAN-PBB tahun 2016-2020.

“ASEAN dan PBB perlu terlibat aktif pada empat sektor yaitu hususnya pada empat sektor prioritas, yakni UMKM, maritim, ketahanan pangan, dan penanganan migrasi ilegal,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (22/11/2015).

Prioritas kedua, ujar Jokowi, akan berkisar pada penanggulangan kaum ekstrimis. Terlebih lagi dengan kasus ancaman gangguan kesehatan baik di Malaysia maupun Indonesia.

"Kerjasama ASEAN dan PBB harus dapat menjawab dari tantangan non-tradisional seperti terorisme dan penanggulangan penyakit menular seperti Ebola dan MERS," ujar dia.

Sementara itu, Jokowi juga memprioritaskan kerjasama ASEAN-PBB yang memerlukan komitmen bersama untuk menghadapi ancaman kemanusiaan global. Adanya konflik di berbagai kawasan telah menyebabkan munculnya tragedi kemanusiaan.

“PBB dan semua pemangku kepentingan, termasuk ASEAN, harus berkontribusi aktif untuk cegah terulangnya masalah tersebut,” ujar dia.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menuturkan bakal banyak kesepakatan internasional seperti Agenda Pembangunan Doha, Komitmen Pengurangan Emisi Pasca Protokol Kyoto, pemusnahan senjata nuklir, dan reformasi keuangan global yang belum tercapai. Untuk itu, Presiden optimis kerjasama kemitraan ASEAN dan PBB dapat mendorong upaya untuk finalisasi berbagai isu tersebut.


(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA